alexametrics

Dishub Surabaya Bentuk UPTD Baru untuk Kelola Park and Ride

12 September 2019, 20:37:55 WIB

JawaPos.com – Gedung park and ride kini dikelola instansi baru. Dinas perhubungan (dishub) membentuk unit pelaksana teknis daerah (UPTD) untuk mengelolanya. Anggaran untuk program-programnya masih dirancang. Termasuk susunan organisasi.

Hal itu sudah diatur dalam Peraturan Wali Kota (Perwali) 7/2019 tentang Pembentukan dan Penyusunan Organisasi UPTD Pengelolaan Transportasi Umum. Selain gedung park and ride, UPTD baru itu bertugas mengelola seluruh jenis angkutan umum. Termasuk Suroboyo Bus. ”Lebih luas, bukan hanya itu (Suroboyo Bus dan park and ride, Red). Termasuk mengelola halte juga,” ujar Kepala Dishub Irvan Wahyudrajad kemarin (11/9).

Sebelumnya, pengelolaan transportasi umum berada di bawah kendali seksi angkutan darat dishub. Namun, karena cakupannya luas, diperlukan instansi sendiri yang dibentuk secara terpisah dengan dinas. ”Tapi, masih berada di bawah kendali dan naungan dinas,” kata Irvan.

Menurut dia, UPTD pengelolaan transportasi umum bertanggung jawab atas semua kegiatan pengelolaan transportasi umum di Surabaya. Mulai pengelolaan fasilitas pendukung, pemeliharaan dan perawatan, hingga pemungutan retribusi dan pendapatan lain dari sektor tersebut. ”Karena itu, wajib menyetor ke kasda (kas daerah, Red),” jelasnya.

Saat ini belum ada pejabat yang ditunjuk sebagai kepala maupun pejabat fungsional di UPTD tersebut. Jumlah pegawai akan disesuaikan dengan kebutuhan. Sesuai Perwali 7/2019, beberapa posisi akan diisi pegawai dari jabatan fungsional keahlian dan keterampilan.

Irvan menyatakan, regulasi tersebut ditetapkan sejak Februari. Namun, pengisian posisi pejabatnya masih dikoordinasikan dengan bagian organisasi Pemkot Surabaya. Termasuk rancangan anggaran untuk melaksanakan program-program yang akan dijalankan.

Yang jelas, pembentukan UPTD tersebut diharapkan bisa memberikan tambahan pemasukan untuk mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD).

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : adi/c12/ano



Close Ads