alexametrics

Wali Kota Surabaya Pastikan RSUD Gunung Anyar Dibangun Tahun Ini

12 Mei 2022, 12:30:52 WIB

JawaPos.com- Wali Kota Eri Cahyadi memastikan pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Gunung Anyar berjalan tahun ini. Skema pengerjaan yang dipilih ialah kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU). Proyek prioritas itu ditargetkan rampung akhir tahun ini.

Rencana pembangunan RSUD Gunung Anyar sejatinya telah lama bergulir. Tepatnya dua tahun lalu, sebelum pandemi merebak. Saat virus korona mengganas, pemkot terpaksa mengalihkan anggaran proyek fisik itu untuk penanganan Covid-19. ’’Pembangunan rumah sakit baru kita laksanakan tahun ini. Tapi, prosesnya kita lakukan bersama investor. Melalui skema KPBU,’’ ujar Eri.

Mantan kepala Bappeko Surabaya itu mengatakan, RSUD Gunung Anyar sangat dibutuhkan. Sebab, dua RSUD milik pemkot yang lain, yaitu RSUD dr Mohamad Soewandhie dan RSUD Bhakti Dharma Husada (BDH), sudah overload. Selain itu, lokasi dua faskes tersebut jauh dari kawasan Surabaya Selatan dan Timur.

Namun, pembangunan RSUD Gunung Anyar tidak bisa dilakukan setengah-setengah. Harus maksimal. ’’Kan sayang kalau seperti itu. Kita sudah sampaikan ke DPRD. Juga investor untuk menjalin KPBU dengan kita. Kita jalankan karena rumah sakit ini harus jadi,’’ ungkapnya.

Untuk mewujudkan RSUD Gunung Anyar, pemkot membutuhkan anggaran cukup besar. Nilainya mencapai Rp 120 miliar. Faskes itu dibangun di lahan aset milik daerah. Luasnya hampir 2 hektare (ha).

Dari hasil perhitungan, pembangunan dengan skema KPBU menghabiskan dana lebih besar ketimbang memakai APBD. Sebab, ada konsekuensi dengan bunga yang harus dibayar. Menurut Eri, hal itu wajar. Jika dipaksakan dengan APBD, ada prioritas program pemkot lain yang bakal terganggu karena dana tersedot untuk membangun RSUD Gunung Anyar.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : gal/sam/c7/aph

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads