alexametrics

Stok Darah di PMI Sidoarjo Menipis, Permintaan Trombosit Tinggi

12 Januari 2022, 21:43:20 WIB

JawaPos.com– Stok darah di Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia (UTD PMI) Sidoarjo menipis. Stok darah jenis whole blood (WB) dan packet red cell (PRC) yang paling banyak diminta sampai kemarin (11/1) hanya tersedia 477 kantong.

Sementara itu, stok trombosit hanya 101 kantong. Padahal, setiap hari permintaan trombosit untuk wilayah Sidoarjo saja mencapai 45 kantong. Adapun permintaan darah jenis WB dan PRC sebanyak 50 kantong.

’’Permintaan trombosit masih tinggi karena masih ada temuan kasus DBD,’’ kata Manajer Kualitas UTD PMI Sidoarjo Moch. Asyik Yusak.

Untuk saat ini, lanjut dia, stok trombosit jenis AB masih kosong. Namun, Yusak memastikan saat ada yang memerlukan, pihak UTD bakal berupaya untuk dapat memenuhi dengan menghubungi pendonor. Sebab, ada beberapa pendonor yang telah siap.

Mereka tidak melakukan donor darah sekarang agar trombosit dalam darah mereka bermanfaat optimal bagi sesama. Sebab, ’’umur’’ trombosit tidak lama. Maksimal lima hari dalam penyimpanan. Proses mendapatkannya juga tidak mudah. ’’Trombosit diambil dari darah yang baru didonorkan pendonor,’’ lanjutnya.

Setelah darah diambil dari tubuh pendonor, harus segera diproses. Maksimal enam jam dari pengambilan. Lebih dari waktu tersebut, trombosit dalam darah tidak dapat diambil dan dimanfaatkan untuk orang lain.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : may/c12/any

Saksikan video menarik berikut ini: