alexametrics

Kejar Target Pendapatan, Industri dan Perumahan Berkembang di Gresik

12 Januari 2022, 06:13:00 WIB

JawaPos.com- Optimalisasi pendapatan memenuhi target APBD 2022 terus diupayakan Pemkab Gresik. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), misalnya. Tahun ini, dinas itu mendapat target pendapatan yang cukup besar. Yakni, mencapai Rp 128 miliar. Dibandingkan 2021 lalu naik Rp 25 miliar.

Menurut Kepala DPMPTSP Pemkab Gresik Reza Pahlevi, target pendapatan tersebut memang terbilang cukup besar. Meski begitu, target itu tentu sudah melalui perhitungan yang realistis sesuai potensi di lapangan. Salah satu di antaranya, kehadiran Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).  ‘’Tentunya, KEK itu digadang-gadang sangat potensial dalam hal layanan perizinan,’’ ujarnya, Selasa (11/1).

Reza mengaku optimis target pendapatan tersebut bisa dicapai. Mengingat, pertumbuhan industri dan investasi yang kian bertumbuh. “Potensi awal, setidaknya ada sebanyak 444 berkas perizinan yang belum selesai. Berkas itu sudah tertumpuk dari tahun-tahun sebelumnya,” jelasnya.

Dia berkomitmen menyelesaikan berkas-berkas tersebut untuk mendulang pendapatan daerah. Jika dihitung, bakal menyumbang pemasukan sekitar Rp 18 miliar. “Itu hanya dari IMB (izin mendirikan bangunan). Saat ini sedang kami garap agar optimal,” imbuhnya.

Mantan Kabag Humas itu menyebut, ke depan pendapatan di sektor perizinan juga dipengaruhi pertumbuhan industri dan banyaknya investasi yang masuk ke Gresik. Termasuk, perubahan rencana tata ruang wilayah (RTRW). Sebab,sejalan dengan perkembangan daerah, pasti ada lahan yang beralih fungsi. “Apalagi saat ini perkembangan investasi di bidang properti juga sedang gencar-gencarnya,” ucap Reza.

Sejauh ini, lanjut dia, DPMPTSP miliki potensi besar pendapatan dari tiga kawasan industri. Yakni, Kawasan Industri Gresik (KIG), Kawasan Industri Maspion, dan KEK di Java Integrated International Port and Estate (JIIPE) Manyar. “Di wilayah utara dan selatan pertumbuhan industri juga tinggi,” paparnya.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : son

Saksikan video menarik berikut ini: