alexametrics

Depresi, Ricky Bakar Mobil di TPA Ngipik Gresik

11 September 2019, 17:29:30 WIB

JawaPos.com – Sejumlah pemulung di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Ngipik kemarin (10/9) dikejutkan dengan peristiwa aneh. Pukul 09.30 ada sebuah mobil Toyota Calya yang menerobos masuk ke TPA. Mobil itu melaju kencang, lalu berputar-putar. Para pemulung pun semburat. Khawatir tertabrak.

Para pemungut sampah tersebut heran. Tidak biasanya ada mobil pribadi yang masuk ke TPA. ’’Wong edan,’’ ucap pemulung ketika itu.

Belakangan diketahui bahwa pengemudi mobil silver bernopol L 1990 FB itu bernama Ricky Wiriyawan, 45, warga Tambaksari, Surabaya. Karena melintas di sampah-sampah, mobil itu pun terjebak. Berhenti. Ricky berusaha maju mundur.

Seseorang berkulit kuning dan berambut klimis tersebut keluar dari mobil. Sejumlah pemulung melihat Ricky turun dengan membawa sebuah botol plastik dan korek api. ’’Tak obong,’’ ucap seorang pemulung yang mendengar perkataan Ricky.

Dalam hitungan menit, wusss! Mobil terbakar. Para pemulung pun kaget. ’’Edan, wong mobil apik kok diobong,’’ katanya.

Ricky Wiriyawan, pengemudi mobil yang diduga mengalami depresi. (Chusnul Cahyadi/Jawa Pos)

Lalu, ada yang melapor. Tidak lama kemudian, satu unit mobil PMK Pemkab Gresik memadamkan api yang melahap mobil itu. Kendaraan rakitan 2018 tersebut sudah hangus. ’’Saya melihat orang yang membawa mobil itu sebetulnya cukup tenang,’’ ucap Suyono, sopir truk sampah di TPA Ngipik.

Dalam olah tempat kejadian perkara (TKP), polisi menemukan botol yang berisi bensol. Dari hasil keterangan para saksi, pengemudi mobil itu memang sengaja membakar mobilnya. ’’Saksi melihat pelaku sendiri yang membakar mobilnya,’’ kata Kanitreskrim Polsek Gresik Ipda Yoyok Mardi.

Mengapa Ricky membakar mobilnya? ’’Dugaan sementara, pelaku mengalami depresi. Saat ini kami berkoordinasi dengan RS Bhayangkara dan dinas sosial,’’ ujar mantan Kanitreskrim Polsek Manyar itu.

Ketika Jawa Pos berusaha bertanya secara langsung, Ricky menolak. ’’Saya tidak kenal Anda. Silakan pergi. Saya sibuk,’’ katanya, lantas mengisap rokok.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : yad/c15/hud

Close Ads