alexametrics

Sandi, Pemilik Sapi 1,08 Ton yang Dibeli Jokowi untuk Kurban Idul Adha

11 Agustus 2019, 11:09:25 WIB

JawaPos.com – Sapi peranakan ongole (PO) alias sapi jawa begitu istimewa. Dibandingkan puluhan sapi lainnya di kandang milik Syaifullah Mahdi di Desa Pangkah Wetan, Kecamatan Ujungpangkah, sapi itu sangat gagah.

Memiliki tinggi badan 160 sentimeter, panjang badan 176 sentimeter, dan lingkar dada 226 sentimeter, tidak heran jika bobotnya mencapai 1.080 kilogram atau 1,08 ton. Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun kepincut.

Ya, salah satu sapi yang dipesan sang presiden untuk kurban pada Hari Raya Idul Adha yang jatuh hari ini (11/8) berasal dari Gresik. Sapi itu merupakan milik pria yang juga kepala Desa Pangkah Wetan. ’’Sebenarnya ada dua ekor sapi yang sama. Umurnya sekitar 4 tahun. Tapi, yang dibeli Pak Presiden satu ekor,’’ ujar Sandi, sapaan Syaifullah Mahdi, ketika dikonfirmasi kemarin (10/8).

Sandi tidak menduga sapi peranakan ongole (PO) itu menjadi perhatian orang nomor satu di Indonesia. ’’Senang karena diminati presiden,’’ ucapnya.

Sandi mengatakan, selama ini perawatan sapi miliknya diserahkan kepada sahabatnya, Amali. Dia memelihara dan memberinya makan. Sebab, Sandi sibuk dengan aktivitas sebagai kepala desa.

Sekitar seminggu lalu ada perwakilan dari Dinas Peternakan (Disnak) Jatim yang mendatangi peternakannya. Di kandang itu, selain jenis PO, ada sapi jenis brahmana. ’’Tapi, mereka tertarik dengan sapi PO itu,’’ jelas Sandi.

Berapa harga sapi itu? Sandi tidak membuka kartu. Yang jelas, karena sapi tersebut diminati RI 1, pengawasan dan pemeliharaannya semakin ketat. Bukan hanya soal pemilihan makanan, keselamatan sapi juga mendapatkan perhatian serius. Sampai-sampai, aparat TNI dan Polri ikut membantu pengamanan. ’’Meski selama ini kami sangat serius merawatnya,’’ jelasnya. Hari ini sapi itu dikirim ke Masjid Al Akbar Surabaya

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : yad/c15/ris

Close Ads