alexametrics

Kadin Gresik Bakal Buka Rumah Vokasi Pertama di Indonesia

Tekan Pengangguran, Siapkan SDM Berkompeten
11 Juni 2022, 06:22:13 WIB

JawaPos.com- Tingkat pengangguran terbuka (TPT) di Kabupaten Gresik masih tinggi. Data dari Badan Pusat Statistik (BPS), pada 2021 angka TPT di Kota Pudak mencapai 8,00 persen. Angka itu jaug lebih tinggi dari rata-rata Jatim yang hanya 5,74. Pada 2019, Gresik pernah mencatatkan TPT terbaik. Yakni, hanya 5,54 persen.

Demi ikut menekan angka pengangguran dan penyerapan tenaga kerja lokal, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) pun turut bergerak melalui Rumah Vokasi. Launching program itu sudah dilaksanakan 21 Mei 2022 denngan dibuka langsung oleh H. Lanyalla M. Mataliti, ketua DPD RI sekaligus founder Kadin Institute.

Menindaklanjuti itu, Kadin Gresik pun sudah menyiapkan tahapan untuk merealisasikan program Rumah Vokasi. Kemarin (10/7), mereka melakukan penandatanganan kerjasama dengan asuransi jiwa Tripakarta. Setelah itu, Kadin Gresik meluncurkan rumah vokasi di Jalan Panglima Sudirman 108, pertama di Indonesia pada 24 Juni 2022, yang akan dibuka oleh Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani.

Bertindak sebagai ketua dewan pengarah Rumah Vokasi Gresik adalah Wabup Aminatun Habbibah. Lalu, direktur dijabat oleh Ketua Kadin M. Choirul Rizal dan Ketua Apindo Gresik Alfan Wahyudi sebagai wakil direktur.

Sebelumnya, Kadin Gresik juga telah menjalin kerjasama dengan 60 lembaga pendidikan. ‘’Penandatangan kerjasama dengan Asuransi Jiwa Tripakarta itu diperuntukkan bagi siswa vokasi selama program training berlangsung,’’ kata Rizal, direktur Rumah Vokasi Gresik.

Dia menyebut, penandatanganan kerjasama dengan asuransi jiwa itu menjadi gebrakan baru. Jarang dilakukan lembaga vokasi di Indonesia. Pihaknya ingin siswa menjalani pendidikan vokasi itu nanti mendapat perlindungan dari risiko kecelakaan kerja. “Sehingga keluarga di rumah bisa tenang dan tak khawatir apabila ada kejadian yang tidak diinginkan,” ujar Rizal.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : Galih Wicaksono

Saksikan video menarik berikut ini: