alexametrics

Lewat Umsida, Sidoarjo Ekspor Perdana Tanaman Hias ke Amerika Serikat

11 Mei 2022, 23:14:08 WIB

JawaPos.com- Tanaman hias asal Sidoarjo bakal menghiasi Amerika Serikat (AS). Kemarin (10/5) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) lewat unit bisnis baru PT Umsida Sinergi Utama (USU) melakukan ekspor perdana 3 ribu bibit tanaman hias ke Houston, AS.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor hadir dalam launching ekspor perdana dan unit bisnis tersebut. ”Ini membantu pemerintah dalam pemulihan ekonomi,” ujar Muhdlor.

Menurut dia, ekspor itu menjadi solusi saat pasar dalam negeri mengalami banyak persaingan. Peluang ekspor tanaman hias ke negara lain sangat terbuka. ”Ada 30 negara terbuka untuk ekspor tanaman hias,” katanya. Bukan hanya negara yang jauh-jauh, pasar ekspor ke negara tetangga juga potensial.

Direktur Pengembangan Bisnis dan Investasi Umsida sekaligus Dirut PT USU Hasan Ubaidillah mengatakan, pasar luar negeri terbuka. Selain AS, negara lain juga berminat. ”Ke Houston ini juga nanti berlanjut. Selain itu, nanti ke Kanada dan Turki,” ujarnya.

Pria yang akrab disapa Ubed itu menyatakan, jenis tanaman hias yang diminati luar negeri saat ini memang berjenis keladi. ”Variannya atau jenis keladinya juga macam-macam.

Tiap negara rata-rata yang diminati keladi. Hanya, kadang beda negara beda keladi yang disukai,” katanya. Karena itu, pihaknya berfokus pada pembibitan jenis itu untuk ekspor. ”Ada 90 ribuan bibit saat ini yang kami punya,” tambahnya.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : uzi/c19/any

Saksikan video menarik berikut ini: