alexametrics

Imbas PSBB Surabaya Raya, Moda Transportasi di Jatim Ikut Lengang

11 Mei 2020, 02:30:17 WIB

JawaPos.com – Pemprov Jatim dan tiga kepala daerah sepakat memperpanjang pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di wilayah Surabaya Raya.

Tak hanya berimbas pada aktivitas di tiga wilayah ini (Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo), kebijakan itu juga sudah berimbas ke daerah lain di Jatim. Salah satunya, sektor transportasi.

Sebagian besar terminal moda transportasi di wilayah Jatim mengalami penurunan volume. Baik penumpang maupun kendaraan umum yang beroperasi.

Di Madiun, misalnya. Terminal Purboyo yang biasanya cukup ramai, kini makin sepi. Efek PSBB Surabaya memberikan dampak berarti bagi jasa transportasi. Ada sejumlah trayek rute tersebut yang ngandang.

Situasi yang sama terjadi di Bojonegoro dan Tuban. Sejumlah terminal di wilayah tersebut kini makin lengang. Tak banyak kendaraan yang beroperasi. Penumpang juga sepi.

Sama, di Terminal Kertonegoro Ngawi, nyaris tidak ada aktivitas selama beberapa hari terkahir. ”Kondisi ini akibat dampak pemberlakuan PSBB di Surabaya dan Jakarta,’’ kata Kepala UPT Terminal Kertonegoro Ngawi Ali Imron Hariyadi.

Dia menuturkan, biasanya setiap hari ada sekitar seribu armada bus yang masuk Terminal Kertonegoro. Sebanyak 800 di antaranya merupakan bus antarkota antarprovinsi (AKAP). Sisanya bus antarkota dalam provinsi (AKDP). ”Mulai 28 April, bus AKAP reguler tidak beroperasi,’’ ujarnya.

Tak hanya itu, sejumlah terminal lain di Jatim juga sempat ditutup. Namun, ada juga yang mulai dibuka kembali. Di antaranya, di Blitar, setelah sempat ditutup, moda transportasi publik di sana bisa beroperasi lagi.

Kepala Dishub Kota Blitar Priyo Suhartono menyatakan, hal itu berdasar kebijakan pemerintah pusat terkait dengan keputusan pengoperasian kembali moda transportasi. ”Kami masih menunggu keputusan lebih lanjut. Yang pasti, kami di daerah akan menyesuaikan pusat,” katanya Sabtu (9/5).

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : tif/c1/isd/din/c12/ris

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads