alexametrics

Ikut Perpanjangan PSBB Surabaya Raya, Pabrik Sampoerna Tutup 3 Minggu

11 Mei 2020, 16:47:50 WIB

JawaPos.com – Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Surabaya Raya disepakati untuk diperpanjang. PT HM Sampoerna Tbk juga ikut memperpanjang penghentian sementara kegiatan di dua pabriknya yang berada di Rungkut. Penghentian itu berlangsung hingga 1 Juni. Rencananya, produksi dimulai kembali pada 2 Juni 2020.

Direktur Sampoerna, Elvira Lianita mengatakan, keputusan untuk mengentikan operasional pabrik telah dikoordinasikan dengan Gugus Tugas Kota Surabaya dan Provinsi Jawa Timur. Pertimbangannya, mendukung keberhasilan pelaksanaan Perpanjangan PSBB Surabaya Raya dalam mengendalikan dan menghentikan penyebaran Covid-19 di Surabaya.

Seperti diketahui, pabrik rokok Sampoerna menjadi salah satu klaster penyebaran Covid-19. Keputusan menghentikan kegiatan di dua pabrik Runkut juga memberikan waktu bagi seluruh karyawan Sampoerna di Surabaya untuk tetap di rumah selama masa perpanjangan PSBB. Elvira memastikan, meski karyawan Sampoerna di Surabaya tidak melakukan kegiatan produksi, mereka tetap menerima gaji secara penuh. Termasuk menerima Tunjangan Hari Raya.

Lebih lanjut Elvira mengatakan, ada dua fokus utama perusahaan saat ini. Yang pertama, memberikan upaya dan dukungan terbaik bagi karyawan yang terdampak Covid-19. Supaya bisa fokus dan mendapatkan perawatan medis yang tepat sehingga bisa segera sehat.

”Fokus berikutnya, memberikan semangat positif, motivasi, dan edukasi bagi seluruh karyawan agar mereka patuh menerapkan protokol kesehatan serta gaya hidup sehat sesuai anjuran Pemerintah,” ujarnya dalam keterangan pers, Senin (11/5).

Bagaimana dengan ketersediaan produk sampai 1 Juni? Elvira memastikan pasokan tetap ada. Saat ini, ada empat fasilitas produksi Sampoerna lainnya yang masih beroperasi. Perusahaan juga sempat kena hoaks soal produk yang terpapar Covid-19, dia memastikan kalau itu tidak benar. Sebab, ada protokol kesehatan yang dijalankan dibarengi dengan penerapan Cara Berproduksi yang Baik (Good Manufacturing Practices).

Elvira juga menjelaskan, selain menjaga kesehatan dan keselamatan karyawan, Sampoerna juga berkomitmen untuk menjamin stabilitas ekonomi karyawannya. Elvira menyampaikan komitmen Sampoerna untuk tidak melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) selama masa pandemi ini dan memberikan gaji secara penuh.

“Komitmen Sampoerna terkait penerapan protokol kesehatan yang ketat, serta jaminan stabilitas pekerjaan dan penghasilan karyawan ini sejalan dengan himbauan Pemerintah agar semua pihak bergotong royong, saling membantu dan melakukan upaya terbaik agar Indonesia segera keluar dari situasi pandemi Covid-19 dengan tetap menjaga stabilitas sosial ekonomi,” tambahnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads