alexametrics

Lebih Longgar, Belum Ada Kenaikan Penumpang Bus di Terminal Purabaya

11 Maret 2022, 16:38:19 WIB

JawaPos.com- Aktivitas di Terminal Purabaya Surabaya masih landai kemarin (10/3). Kelonggaran aturan bepergian tanpa menunjukkan hasil negatif tes swab antigen atau PCR belum berdampak signifikan di sana.

Kepadatan penumpang di Purabaya belum terlihat. Kondisinya tidak berbeda dengan hari-hari sebelumnya. Antrean penumpang hanya terjadi di satu jurusan, yakni bus arah Kediri dan Blitar. Penyebabnya, calon penumpang menunggu armada.

Kepala Unit Terminal Purabaya Imam Hidayat mengatakan, belum ada efek signifikan terkait kelonggaran aturan tersebut. Hanya, para awak bus bisa lega. Terutama awak bus antarkota antarprovinsi. Sebab, penumpang tak perlu menyertakan hasil negatif tes swab antigen atau PCR. ”Kalau jumlah penumpang relatif sama,” ujarnya kemarin sore.

Imam mengungkapkan, rata-rata per hari jumlah penumpang di Purabaya hanya sekitar 4 ribu. Berbeda dengan sebelum pandemi yang bisa mencapai 28 ribu per hari. Sedangkan saat Jumat menjelang libur, hanya 5–6 ribu penumpang. ”Dulu pas hari libur bisa sampai 38 ribu,” ucapnya.

Menurut Imam, ada beberapa penyebab jumlah penumpang di Terminal Purabaya masih relatif normal. ”Karena informasi aturan ini belum meluas. Masyarakat masih ragu-ragu. Seperti halnya ada aturan penggunaan aplikasi PeduliLindungi. Banyak penumpang yang menghindari hal itu. Terlebih mereka yang masih awam akan gadget,” paparnya.

Jika informasi tersebut sudah meluas, bisa terjadi kenaikan jumlah penumpang. ”Meskipun tidak signifikan, kami berharap bisa kembali seperti dulu,” kata Imam.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : omy/c9/ai

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads