alexametrics

5.673 Warga Surabaya Masuk Waiting List Umrah

11 Januari 2022, 14:23:19 WIB

JawaPos.com–Kementerian Agama telah mengeluarkan surat edaran (SE) yang mengizinkan ibadah umrah dijalankan pada 2022. Sebanyak 5.673 warga Kota Surabaya masuk waiting list untuk menjalankan ibadah umrah pada 2022.

Kemenag Kota Surabaya menyatakan belum bisa memastikan kapan jamaah bisa berangkat. Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Surabaya Gartaman mengatakan, hal itu terjadi karena belum ada keterangan resmi atau manifest dari pemerintah pusat. Tanpa manifest, pihaknya belum bisa memberangkatkan jamaah haji.

”Ada 5.673 warga Kota Surabaya yang masuk sebagai waiting list untuk umrah. Kami belum bisa memberangkatkan. Masih menunggu keterangan resmi dari Kemenag,” kata Gartaman, Selasa (11/1).

Dari 5.673 calon jamaah itu, 290 di antara sudah mendapatkan rekomendasi untuk diberangkatkan. Rekomendasi didapatkan dari Kemenag dan penyelenggara perjalanan ibadah umrah atau PPIU.

”Ada 290 calon jamaah yang resmi baru dapat rekomendasi. Hanya saja, belum ada kepastian tanggal dan bulan,” jelas Gartaman.

Gartaman menyebut, tidak tahu mengapa kemenag tidak segera memberikan kejelasan keberangkatan calon jamaah. Sambil menunggu keterangan dan perintah resmi, pihaknya kini melakukan beberapa persiapan. Yakni mengirimkan surat permohonan supaya keberangkatan bisa dilakukan di Terminal 2 Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya. Dengan demikian, calon jamaah tidak perlu berangkat dari Jakarta.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : rafika

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads