alexametrics
Pejuang Ekonomi, Nanik Heri

Produknya Rambah Ekspor, Buah Keuletan dan Rajin Ikut Pameran

10 November 2021, 20:08:44 WIB

JawaPos.com- ’’Itu produk yang akan dikirim ke Inggris,’’ kata Nanik Heri saat ditemui Jawa Pos di rumah produksinya di kawasan Ngagel Mulyo, Surabaya, Senin (8/11) lalu.  Nanik merupakan salah seorang pelaku UMKM produk dekorasi berbahan daun kering sejak 1996.

Usahanya sempat menurun kala pandemi. Kini, dia mencoba bangkit kembali berkat berbagai agenda gelar produk. Usaha tersebut dinamai Bengkel Kriya Daun 9996. Nanik mengolah daun kering menjadi beragam produk seperti tempat tisu, penyimpan abu, dan tas.

’’Bermula dari hobi mendiang suami yang gemar mengumpulkan daun kering dan disimpan. Saya yakin bahwa sampah itu bisa diolah kembali agar tidak merusak lingkungan,’’ lanjutnya.

Keyakinan itu pun berbuah manis saat Nanik dan sang suami bisa mengolahnya. Yakni, daun kering yang menjadi lapisan luar di produknya. Usaha itu membuahkan hasil. Nanik bahkan bisa memberdayakan hingga 20 orang dari masyarakat sekitar untuk bekerja. Lantas, produk-produknya juga telah diekspor ke berbagai negara. Mulai Inggris, Prancis, hingga Uni Emirat Arab.

Kerja keras Nanik juga diapresiasi Pemkot Surabaya pada 2010. Dia mendapat predikat Pahlawan Ekonomi Pilihan Terbaik I kategori kerajinan tangan. Sejak itu, ketua paguyuban UMKM Wonokromo itu juga diminta oleh pemkot untuk membina calon pelaku UMKM.

Sama dengan pelaku UMKM lainnya, awal 2020 hingga pertengahan 2021 menjadi tahun yang berat bagi Nanik. Omzetnya sempat menurun drastis. Terutama dari pasar lokal karena agenda gelar produk ditiadakan. ’’Sedangkan saya mengandalkan pameran untuk menjual produk,’’ kata perempuan 63 tahun tersebut.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : nas/c12/ai

Saksikan video menarik berikut ini: