alexametrics

Per 2 Januari 2022, Pendapatan Keluarga di Surabaya Minimal UMR

10 November 2021, 15:47:18 WIB

JawaPos.com–Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Surabaya 2022 resmi disahkan hari ini, Rabu (10/11). APBD merupakan rencana keuangan pemerintah daerah selama satu tahun.

Dalam APBD 2022, Pemerintah Kota Surabaya memiliki tiga fokus. Yakni pendidikan, kesehatan dan pemulihan ekonomi. Tujuan utamanya adalah memastikan seluruh keluarga di Surabaya memiliki pemasukan minimal UMR. Yakni sebesar Rp 4.200.000.

”Ada tiga fokus, yakni pendidikan, kesehatan, dan pemulihan ekonomi. Lewat APBD ini, pendapatan per keluarga ditetapkan. Yakni harus UMR,” tutur Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi usai rapat paripurna penetapan APBD di gedung DPRD Kota Surabaya, Rabu (10/11).

Eri berjanji per 2 Januari 2022, tiap keluarga sudah mendapatkan pendapatan sebesar UMR. Caranya dengan memastikan jumlah keluarga dan kesempatan kerja mereka.

”Misal ada ibunya, ada bapaknya, ada putranya. Nah itu akan dibantu dalam pekerjaan. RT dan RW harus aktif mendata keluarga di wilayah masing-masing. Kalau semua dibebankan ke pemerintah kota atau dinas sosial, ya nggak bisa,” ucap Eri.

Untuk fokus pemulihan ekonomi, Eri menarget, tidak akan ada lagi pengangguran di Surabaya. Dia juga memastikan tenaga outsourcing di lingkungan Pemerintah Kota Surabaya diambil dari warga dengan KTP Surabaya. Dengan demikian, seluruh warga bisa terserap.

”Mengurangi pengangguran, membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya. Itu yang jadi fokus kami. Apalagi sudah 2 tahun pandemi. Jangan sampai pemulihan ekonomi ini nggak dilakoni rek (dilakukan),” terang Eri yang mantan Kepala DKRTH itu.

Sementara itu, Ketua DPRD Adi Sutarwijono menjelaskan, fokus dari APBD adalah menyejahterakan seluruh kelompok masyarakat. Utamanya mereka yang memiliki peran dalam masyarakat. Seperti modin.

”Kemarin kami menerima banyak keluhan modin yang bertanya kenapa modin nggak mendapatkan peningkatan gaji, padahal ketua RT dan RW gajinya naik. Karena itu APBD kami kali ini juga menambah pendapatan modin,” tutur Adi.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : rafika

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads