alexametrics

Main Wayang Orang, Wali Kota Eri Cahyadi Baca Sumpah Palapa

10 November 2021, 08:48:49 WIB

JawaPos.com – Sosok Gajah Mada seketika muncul pada momen pertunjukan Surabaya Art & Culture Festival (SACF) 2021 Senin (8/11) malam. Patih dari Kerajaan Majapahit itu diperankan Wali Kota Eri Cahyadi. Meski belum pernah bermain wayang orang, pria 44 tahun tersebut tampak luwes.

Dalam pertunjukan itu, Eri menjadi pusat perhatian. Bukan hanya karena perannya, melainkan karena mantan kepala bappeko tersebut juga begitu fasih membacakan sumpah palapa. Janji Gajah Mada menyatukan Nusantara. ’’Sira Gajah Mada patih Amangkubhumi tan ayun amuktia palapa,’’ ucapnya.

Menjelang akhir pementasan, Eri kembali beraksi. Dia membacakan puisi yang berjudul Sumpah Merah Putih. ’’Biarpun bumi berguncang, rembulan dan bintang matahari mengoyak langit, kami bangsa Indonesia bersumpah Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia. Tak sebilah pedang yang tajam, membelah dadaku, kami yang beraneka warna-warni budaya, bertekad ragam budaya dalam Tunggal Ika, di bawah kibaran satu bendera Merah Putih,’’ tuturnya.

Selepas pertunjukan, Eri menuturkan, lewat Surabaya Art & Culture Festival (SACF) 2021, pemkot berupaya membangkitkan kembali seni dan budaya. Sebab, selama pandemi, dua bidang tersebut mati suri. ’’Hari ini kami coba gerakkan,’’ ujarnya.

Pergelaran itu bukan yang terakhir. Dia memastikan, ke depan ada pertunjukan seni dan budaya lain. Tentunya tak kalah meriah.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : mar/c12/aph

Saksikan video menarik berikut ini: