alexametrics
Pejuang Ekonomi, Nur Aini

Konsisten Tekuni Kuliner, Bangkit dengan Inovasi

10 November 2021, 19:53:33 WIB

JawaPos.com – Sebagian pelaku usaha terpuruk akibat diterpa badai pagebluk korona. Tapi, tidak demikian dengan Nur Aini. Sempat terdampak, dia membalikkannya. Kini, bisnis kulinernya terus bertumbuh dan melesat.

”Itu semua (keberhasilan, Red) didapat pastinya dengan kerja keras, konsisten, dan tak bosan berinovasi,” kata Nur Aini ditemui di rumahnya di kawasan Krembangan, Minggu (7/11).

Dupak Makmur Bersama (DMB) adalah usaha Nur Aini yang berjalan sejak 2011. Beragam kuliner disajikan. Mulai aneka kue basah, dessert, hingga makanan berat seperti nasi kotak. Pesanan berasal dari instansi pemerintahan, perusahaan swasta, dan masyarakat sekitar tempat tinggalnya. Dalam sebulan, pendapatan sebesar Rp 30–40 juta diraupnya.

Bisnis yang terus berkembang membuatnya turut memberdayakan masyarakat di sekitar tempat tinggalnya. Khususnya para ibu. Tidak sekadar membantu dalam produksi, mereka belajar menjadi wirausaha. Berbagai pelatihan didapat. Salah satunya, membuat ayam crispy. Jika sudah menguasai, mereka diminta untuk berwirausaha.

Guncangan terjadi pada awal masa pandemi, sekitar Maret 2020. Usahanya tiba-tiba terhenti. Pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) membuat order hilang seketika. ”Semua orderan dibatalkan begitu saja. Terutama pesanan nasi boks untuk pegawai di perusahaan swasta atau di lingkungan kantor pemerintahan. ,” ujar ibu dua anak itu.

Meski demikian, perempuan kelahiran Surabaya tersebut tak mau larut dalam keadaan. Aini mencoba bangkit dari keterpurukan. Sebagai entrepreneur, Aini harus bisa terus berkembang. Sesuai dengan prinsipnya. Seorang entrepreneur harus terus berinovasi.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : ian/c13/ady

Saksikan video menarik berikut ini: