alexametrics

APBD 2022 Surabaya Diklaim Istimewa Karena Hal Ini

10 November 2021, 18:48:29 WIB

JawaPos.com–Pemerintah Kota dan DPRD Kota Surabaya mengklaim Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Surabaya 2022 akan banyak diterima langsung oleh masyarakat. Hal itu dibuktikan dengan anggaran gaji untuk kader-kader yang terjun langsung bersama masyarakat.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mencontohkan beberapa anggaran yang diterima langsung masyarakat adalah kepastian pendapatan keluarga di Surabaya minimal senilai UMR. Yakni sebesar Rp 4.200.000.

Dalam APBD 2022, Pemerintah Kota Surabaya memiliki tiga fokus. Yakni pendidikan, kesehatan dan pemulihan ekonomi. Tujuan utamanya adalah memastikan seluruh keluarga di Surabaya memiliki pemasukan minimal UMR Rp 4.200.000.

”Ada tiga fokus, yakni pendidikan, kesehatan, dan pemulihan ekonomi. Lewat APBD ini, pendapatan per keluarga ditetapkan. Yakni harus UMR,” tutur Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi usai rapat paripurna penetapan APBD di gedung DPRD Kota Surabaya, Rabu (10/11).

Mantan Kepala Badan Pembangunan dan Perencanaan Kota (Bappeko) Surabaya itu mengklaim bahwa APBD 2022 akan banyak memudahkan pekerjaan rakyat. Sehingga APBD 2022 menjadi sangat istimewa.

”Istimewanya, banyak sekali APBD yang turun langsung ke masyarakat. Misalnya, UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) yang langsung ke masyarakat. UMKM akan digerakkan untuk membantu kebutuhan masyarakat,” jelas Eri.

Hal lain yang membuktikan keistimewaan APBD 2022 adalah kenaikan gaji modin atau pegawai masjid dan keagamaan di perkampungan. ”Banyak ya aspek keistimewaan APBD 2022. Makanya kami semua, DPRD dan pemkot yakin bahwa kekuatan kota ada karena masyarakat mau memberi masukan,” ujar Eri.

Untuk itu, Eri menegaskan, PBD 2022 difoksukan untuk meningkatkan dan memulihkan ekonomi masyarakat. Selain karena mengurangi kemiskinan dan pengangguran, alumnus SMAN 21 Surabaya itu ingin kehidupan warga kembali normal setelah 2 tahun dilanda pandemi.

”DPRD dan pemkot nggak bertujuan untuk membuat bangunan atau hal-hal fenomenal. Yang penting demi urusan umat dan masyarakat,” ucap Eri.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : rafika

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads