alexametrics

Honor Kader Kesehatan di Surabaya Naik Jadi Rp 400 Ribu Mulai 2022

10 Oktober 2021, 06:43:12 WIB

JawaPos.com–Honor kader kesehatan di bawah binaan Dinas Kesehatan Kota Surabaya, Jawa Timur, yang selama ini hanya mendapatkan Rp 30 ribu per bulan bakal dinaikkan menjadi Rp 400 ribu. Kenaikan itu mulai tahun anggaran 2022.

Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Surabaya M. Machmud mengatakan, Banggar DPRD dan Tim Anggaran Pemkot Surabaya telah bersepakat untuk menaikkan honor tim kesehatan di bawah binaan Dinas Kesehatan, seperti kader ibu pemantau jentik (Bumantik), Posyandu, dan lainnya.

”Selama bertahun-tahun kader kesehatan hanya mendapatkan honor Rp 30 ribu per bulan, itu pun masih harus dipotong PPN dan PPH, sehingga tinggal Rp 28.200,” kata Machmud seperti dilansir dari Antara di Surabaya.

Sehingga, lanjut dia, saat pembahasan RAPBD Surabaya 2022 disetujui untuk dinaikkan menjadi Rp 400 ribu per bulan. Setelah dipotong PPN dan PPH, terima sekitar Rp 367 ribu per bulan.

”Ini adalah peningkatan yang luar biasa,” ujar Machmud.

Dia menjelaskan, tidak ada lagi kategori kader Bumantik, Posyandu, atau lainnya, karena namanya dilebur menjadi satu yakni kader kesehatan yang multifungsi. ”Anggaran yang kami setujui sekitar Rp 35 miliar untuk seluruh Kota Surabaya. Semoga kenaikan ini ada manfaatnya sekaligus ada perubahan kinerja yang lebih baik lagi,” tutur Machmud.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara




Close Ads