Pendaftaran Jabatan Kepala BPBD Surabaya Kembali Dibuka

10 Agustus 2022, 17:00:12 WIB

JawaPos.com- Pendaftaran jabatan kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkot Surabaya kembali dibuka. Pendaftaran dimulai pada 5 Agustus dan berakhir pada 11 Agustus. Panitia seleksi (pansel) berharap ASN yang memenuhi persyaratan segera mendaftar.

Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Pengisian Jabatan Kepala BPBD Surabaya Prof Dr Fendy Suhariadi MT Psikolog menyatakan, seleksi tidak diperpanjang, tetapi dibuka kembali. ”Hingga kemarin (9/8), panitia belum mendapat pendaftar,” katanya.

Ada lima anggota pansel. Perinciannya, tiga anggota eksternal dan dua dari internal. Berdasar tahapan, pelamar mengikuti tujuh rangkaian seleksi. Di antaranya, seleksi administrasi (5–11 Agustus), seleksi kompetensi jabatan (15 Agustus), lalu wawancara akhir serta pemaparan visi dan misi (22 Agustus).

Menurut Fendy, pemkot telah menetapkan standar kompetensi dan manajerial bagi calon kepala BPBD. Kualifikasi pendidikan minimal S-1/ D-IV berbagai bidang. Mulai pertanahan, planologi, sosial, psikologi, hingga astronomi.

Terpisah, Plt Kepala BPBD Surabaya Ridwan Mubarun memastikan akan mengikuti seleksi kepala BPBD. Visi dan misi telah disusun. Salah satu yang perlu ditekankan adalah prabencana (mitigasi bencana). ”Penanganan Surabaya ini sudah bagus melalui command center 112. Pascabencana juga oke,” ujarnya.

Ridwan belum berkenan memaparkan ide dan gagasannya. Sebab, ada beberapa program yang patut dirahasiakan dan bakal disampaikan dalam tahap wawancara. ”Semoga lancar,” tutur mantan camat Tambaksari tersebut.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : sam/c14/aph

Saksikan video menarik berikut ini: