alexametrics

Latihan demi Jajaki Kemampuan Tempur Prajurit TNI AL

10 Juli 2019, 14:40:46 WIB

JawaPos.com – Gelar pasukan latihan Armada Jaya 2019 berlangsung di Dermaga Ujung, Komando Armada (Koarmada) II, kemarin (9/7). Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji meninjau langsung persiapan ribuan prajurit yang akan berlatih di Pantai Banongan, Situbondo, Jawa Timur.

Manuver empat pesawat tempur milik TNI-AL di atas Dermaga Ujung kemarin menandai kegiatan segera dimulai. Ribuan prajurit TNI-AL tampak bersemangat mengikuti latihan. Yel-yel dari setiap batalyon juga terus diteriakkan berbarengan ketika Siwi menginspeksi pasukan dalam upacara gelar pasukan tersebut.

Barisan dan kelengkapan pasukan yang akan berlatih diperiksa KSAL dengan teliti. Dia didampingi sejumlah pejabat TNI-AL lainnya. Salah satunya Pangkoarmada II dan Asops KSAL ’’Satu..dua..tiga…, ha. Tiga..dua..satu.., hu. Prajurit sejati, eaaaaa,’’ teriak Batalyon Infanteri Lima Marinir.

Selama melakukan inspeksi pasukan, sejumlah kesiapan prajurit dicek. Selain mental, peralatan tempur yang terlibat dalam latihan pada 13–19 Juli tersebut diperiksa. Misalnya, tank dan kapal perang kebanggaan TNI-AL.

Siwi menyampaikan, gelar pasukan Armada Jaya merupakan latihan yang diselenggarakan setiap tahun. Salah satu tujuannya mengetahui kesiapan tempur prajurit. Termasuk alutsista yang dimiliki. Dengan begitu, latihan tersebut bisa jadi tolok ukur kemampuan pasukan. ’’Untuk kebaikan TNI,’’ kata Siwi.

Latihan nanti ditekankan pada peperangan modern. Sekitar 6.534 prajurit yang terlibat di lapangan akan mengembangkan perang cyber.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : yon/c15/git