alexametrics

Terdakwa Kasus Penggelapan Divonis 1,6 Tahun Penjara

10 Juni 2021, 21:07:23 WIB

JawaPos.com–Mantan Direktur PT Berkah Multi Media (BMM) Sarif Sarifulloh divonis satu tahun enam bulan penjara dalam sidang di Pengadilan Negeri Surabaya pada Kamis (10/6). Dalam vonis yang dibacakan Ketua Majelis Hakim Martin Ginting, Sarif dinyatakan melanggar pasal 372 KUHP atau 374 KUHP tentang penggelapan.

”Menyatakan terdakwa telah terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana sebagaimana dakwaan penuntut umum,” ujar majelis hakim Martin Ginting.

Menurut Martin, putusan itu didasarkan karena Sarif telah terbukti memenuhi segala unsur dalam pasal yang didakwakan. Adapun hal yang memberatkan terdakwa adalah perbuatan Sarif merugikan perusahaan. Serta terdakwa telah menggunakan uang perusahaan untuk kepentingan pribadi. Yang meringankan terdakwa tidak berbelit belit selama persidangan.

Vonis itu lebih rendah dari tuntutan jaksa penuntut umum (JPU) yang menuntut Sarif pidana penjara 2,5 tahun. Hakim juga menolak eksepsi terdakwa sebelumnya.

Terdakwa pada persidangan sebelumnya diketahui sempat mengajukan eksepsi melalui kuasa hukumnya Sulton Miladianto. Pada pokok eksepsinya terdakwa menyatakan mengalami kerugian atas proyek yang dikerjakan tersebut. Dia juga mengatakan telah mempunyai itikad baik untuk mengembalikan uang yang terlanjur digelapkan.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Adil Adam Irsyadi

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads