alexametrics

Tangki Meledak, Lima Pekerja Tewas

10 Juni 2021, 11:05:16 WIB

JawaPos.com – Peristiwa tragis terjadi di kawasan PT Citra Adi Sarana (CAS) Indonesia di Gresik Selasa sore (8/6). Ledakan dahsyat dari tangki metanol di kawasan pabrik yang berada di Jalan Dharmo Sugondo, Kebomas, itu menewaskan lima pekerja. Beberapa korban lain mengalami luka berat dan harus menjalani perawatan intensif.

Peristiwa tersebut dipicu pengerjaan tangki metanol.

Saat itu, pukul 14.30, pekerja melakukan pengecekan instrumen level sensor di atas tangki metanol. Namun, tanpa didahului hal mencurigakan, tangki berukuran raksasa itu tiba-tiba meledak. Blaarr!! Akibat ledakan tersebut, para pekerja di lokasi mengalami luka bakar.

Hingga kemarin (9/6), tercatat lima pekerja meninggal dan dua orang lainnya mengalami luka berat. Lima korban tewas itu adalah Muhammad Burhanudin Al Ansori, 22, dan Ibnu Attoilah, 21, keduanya berasal dari Kabupaten Trenggalek. Korban lain, Septianingrum, 26, asal Kediri; Muhammad Andik, 33, warga Gending, Kebomas, Gresik; serta Johanes Saputro, 22, warga Lamongan.

Sementara itu, dua korban luka berat adalah Nur Kholik, 35, warga Kelurahan Sukorame, Gresik, dan Ali, 25, yang identitas lengkapnya masih ditelusuri Polres Gresik. ’’Korban mengalami luka bakar di sekujur tubuh dan sedang dirawat di RS Semen Gresik. Masih menjalani perawatan intensif,’’ ungkap Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto.

Arief mengatakan, pihaknya masih mendalami peristiwa kecelakaan kerja tersebut. Alumnus Akpol 2001 itu menjelaskan, ledakan terjadi saat pengerjaan tangki metanol oleh kontraktor. ’’Saat itu, para pekerja melakukan pengelasan beberapa material. Dan, seketika terjadilah ledakan,’’ katanya.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : yog/son/c7/oni

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads