alexametrics

Hadiri Halalbihalal di Gresik, Mentan Apresiasi Pupuk Indonesia Grup

10 Mei 2022, 22:28:37 WIB

JawaPos.com- Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo memberi apresiasi atas kontribusi PT Pupuk Indonesia dalam peningkatan sektor pertanian. Selama pandemi, sektor pertanian mampu tumbuh. Hal itu tidak lain karena jaminan ketersediaan pupuk yang dipenuhi PT Pupuk Indonesia.

Pernyataan itu disampaikan Mentan dalam kunjungan kerja serta halalbihalal di PT Petrokimia Gresik, Selasa (10/5). Menurut SYL, panggilan Syahrul Yasin Limpo, pertanian menjadi satu-satunya sektor yang berhasil tumbuh di tengah pandemi Covid-19.

‘’Dua tahun terakhir ini memang saya mau kasih data, dari 2 tahun turbulence, tidak ada data yang naik, hanya satu sektor saja, ini data BPS (Badan Pusat Statistik), yang naik hanya pertanian. Kenapa? Karena adanya pupuk Petrokimia yang tumbuh,” katanya.

Mentan pun memaparkan bukti. Dari kinerja ekspor naik 15,79 persen di tahun 2020 dan naik 38,69 persen di tahun 2021. Kinerja sektor pertanian juga dapat melihat data nilai tukar petani (NTP) yang sudah berada di level 109 dari target yang direncanakan dalam APBN di level 104-105.

Dengan kinerja pertanian yang tumbuh, maka pemerintah berhasil memenuhi kebutuhan komoditas pangan utama seperti beras nasional. “Impor, sudah tiga tahun tidak ada impor beras. Orang bilang kalau tidak impor beras akan menjadi bencana, ternyata nggak tuh. Karena ada Pupuk Indonesia dan Petrokimia yang kerja di lapangan,” kata mantan Gubernur Sulawesi Selatan itu.

Meski kinerja pertanian meningkat, Mentan mengungkapkan bahwa ada beberapa tantangan yang dihadapi Indonesia. Tantangan antara lain penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan, perubahan iklim yang ekstrim, hingga perang Rusia-Ukraina yang berdampak pada pasokan bahan baku pupuk.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : Galih Wicaksono

Saksikan video menarik berikut ini: