alexametrics

Putar Balikkan 1.459 Kendaraan di Checkpoint Bundaran Waru Selama PSBB

10 Mei 2020, 18:48:18 WIB

JawaPos.com − Hampir dua pekan pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), petugas masih banyak menemukan pelanggaran. Khususnya di bundaran Waru. Sebagian besar didominasi kendaraan roda dua. Satlantas Polrestabes Surabaya mencatat, hingga Sabtu (9/5) setidaknya terdapat 1.459 kendaraan yang melanggar.

Kaur Binops (KBO) Satlantas Polrestabes Surabaya AKP M. Suud mengatakan, jika dilihat dari awal pemberlakuan PSBB, jumlah pelanggar memang turun. Namun, angkanya tidak signifikan. ’’Jika dirata-rata, dalam sehari setidaknya terdapat 120 kendaraan yang melanggar,’’ katanya kemarin (9/5).

Data tersebut diperoleh dari banyaknya surat teguran yang diberikan petugas. Angka itu juga diperkirakan lebih banyak. Terutama untuk R2. Sebab, pemeriksaan tidak hanya dilakukan pihak polrestabes, tetapi juga beberapa instansi lainnya. Misalnya, satpol PP dan dishub. Baik dari provinsi maupun kota.

Sebagian besar pelanggaran didominasi R2. Mereka berboncengan dan tidak satu alamat KTP. Dari pantauan Jawa Pos, pada hari biasa jumlah pelanggaran tersebut bisa mencapai 120 kendaraan. Itu pun dalam kurun enam jam saja. ’’Pelanggaran paling banyak memang saat jam berangkat kerja,’’ kata Suud kemarin sore.

Berdasar data per kemarin, terdapat 1.100 kendaraan roda dua yang melanggar. Jadi, lanjut dia, pelanggaran masih didominasi R2. ’’Jenis pelanggarannya pun beragam. Mulai tidak memakai masker, tidak membawa sarung tangan, sampai tidak mampu menunjukkan surat perjalanannya saat masuk ke Surabaya,’’ lanjutnya.

Pelanggaran tersebut dilakukan kendaraan yang pelatnya selain L dan W. Untuk kendaraan berpelat L dan W, pelanggarannya disebabkan berboncengan. Mereka tidak dalam satu alamat KTP yang sama. ’’Ya kalau melanggar tetap ditindak meski pelatnya L atau W,’’ jelas Suud.

Jadi, kata dia, dari data tersebut bisa diketahui ada 1.459 kendaraan yang diminta putar balik oleh petugas. Angka tersebut juga termasuk kendaran umum dan pribadi. Bahkan, angkanya sangat mungkin lebih tinggi lagi. Sebab, banyak juga kendaraan, khususnya R2, yang ditindak, tetapi belum masuk catatan.

Selain itu, khusus kendaraan pribadi, petugas kerap mendapati mobil yang tidak menerapkan physical distancing. Dalam aturan PSBB, kapasitas kendaraan hanya 50 persen. Berdasar data satlantas, hingga kemarin ada 141 kendaraan yang ditindak dan dikembalikan ke tujuan awal.

Suud menuturkan, pengendara bisa tetap lolos asal jumlah penumpang dikurangi. Begitupun untuk R2 yang berboncengan. ’’Hanya, sebagain besar tetap menolak turun dan lebih memilih dikembalikan ke tujuan awal. Dengan kata lain tidak bisa masuk ke Surabaya,’’ tambahnya.

JUMLAH PELANGGARAN PSSB SELAMA 12 HARI

  • R2: 1.110 pelanggaran
  • Kendaraan pribadi: 233 pelanggaran
  • Kendaraan umum/barang: 116
  • Total: 1.459 kendaraan yang melanggar

Jenis Pelanggaran Paling Banyak

  • Tidak mengenakan masker dan sarung tangan
  • Berboncengan dengan tidak dalam satu alamat KTP yang sama
  • Tidak menerapkan physical distancing

Sumber: Satlantas Polrestabes Surabaya

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : omy/c15/ai

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads