alexametrics

Lebih dari Setahun, Minyak di Kutisari Masih Menyembur

10 April 2021, 17:17:24 WIB

JawaPos.com – Meski sudah lebih dari setahun, semburan air bercampur minyak di kawasan Kutisari, Kecamatan Tenggilis Mejoyo, belum berhenti. Petugas pun disiagakan untuk memanen minyak yang tercampur di bak filter.

Di sela kegiatan yang padat, Kasatgas Kelurahan Kutisari Ainul Yaqin harus menyempatkan diri untuk menilik semburan minyak di Jalan Kutisari Indah Utara III itu. Bak yang terpendam dalam tanah harus dikuras.

Bagian minyak yang mengapung di lapisan atas dipanen agar tidak menumpuk dan meluber.

Lebih dari setahun sejak pertama terjadi pada September 2019 hingga sekarang, titik kemunculan minyak itu belum berhenti. Air bercampur minyak masih menyembul. Penanganan memang sudah dilakukan. Namun, sebatas pembuatan bak tampung dan pemisah air.

Volume air tersebut bisa dialirkan ke saluran kampung. Sementara itu, minyak harus disedot manual, kemudian ditampung ke dalam drum. ’’Soal waktu untuk mengambil biasanya 2–3 hari sekali. Kami tinggal ambil saja pakai gayung, lalu ditampung di drum. Jumlahnya tidak banyak, paling 5–6 gayung,’’ ujar Ainul.

Dia mengatakan, memang saat ini kondisi semburan minyak sedikit berubah. Kandungan air lebih banyak. Minyaknya semakin sedikit. Drum-drum yang telah terisi penuh dipindahkan ke lokasi penampungan. Yakni, di Jalan Kutisari Selatan, sekitar 500 meter dari titik semburan. Drum yang terisi penuh tersebut ditimbun sementara di lahan aset pemkot itu.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : gal/c6/git

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads