alexametrics

Minimarket di Surabaya Diminta Sumbang Bahan Pokok untuk Warga

10 April 2020, 19:19:50 WIB

JawaPos.com – Merebaknya Covid-19 mulai dirasakan oleh sebagian masyarakat. Khususnya yang masuk kategori masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Dewan meminta agar pengusaha, khususnya pengelola minimarket, ikut membantu dengan memberikan sembako kepada warga kurang mampu. Dana corporate social responsibility (CSR) bisa dipakai untuk kegiatan tersebut.

Wakil Ketua Pansus Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) CSR Imam Syafi’i menilai pengusaha harus terlibat untuk membantu pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19. Sebab, dampak sosial ekonominya mulai dirasakan masyarakat menengah ke bawah. Khususnya para pekerja informal yang saat ini kesulitan untuk mencari nafkah.

Menindaklanjuti rapat pansus sebelumnya, Imam meminta agar para pengelola minimarket ikut membantu warga kurang mampu. Salah satunya memberikan bantuan berupa sembako. Sebab, anggaran yang disediakan pemerintah untuk pengadaan sembako dinilai masih kurang dan belum menjangkau semua wilayah.

Menurut Imam, pengelola minimarket dan ritel skala besar pasti memiliki jaringan penyedia sembako berkualitas yang cukup banyak. Keterlibatan mereka dalam menyalurkan bantuan untuk warga kurang mampu tentu sangat membantu pemerintah. ’’Apalagi sekarang kan banyak orang yang memilih belanja di minimarket, sehingga omzet mereka juga lumayan. Bisalah pasti, pakai dana CSR membantu masyarakat. Tidak akan rugi,” kata anggota Komisi A DPRD Surabaya itu.

Politikus Nasdem itu mengaku mendapat banyak keluhan dan pengaduan dari masyarakat. Adxa yang kebingungan karena dagangannya sepi. Ada pula yang mulai terdampak efisiensi karyawan di beberapa pabrik. Mereka yang kena pemutusan hubungan kerja (PHK) rata-rata sudah berkeluarga dan harus menghidupi anak dan istrinya. ’’Sejauh ini, yang sudah banyak adalah bantuan APD (alat pelindung diri). Baik untuk tenaga medis maupun warga berupa masker. Itu penting. Tapi, sembako ini juga tidak kalah penting. Maksudnya, yang kaya harus mau membantu yang miskin,” paparnya.

Di sisi lain, anggota pansus CSR Pertiwi Ayu Khrisna menilai warga memang sangat membutuhkan bantuan dari banyak pihak. Bukan hanya bantuan dari pemerintah yang secara kekuatan anggaran memang terbatas.

Saksikan video menarik berikut ini:

 

 

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : adi/c6/ano



Close Ads