alexametrics

Akhirnya, Terbang dari Bandara Juanda tanpa Antigen

10 Maret 2022, 08:45:55 WIB

JawaPos.com- Pergerakan penumpang di Bandara Internasional Juanda diharapkan terus meningkat. Sebab, aturan syarat terbang semakin longgar. Penumpang tak perlu menyertakan hasil tes swab antigen dan PCR. Dengan syarat sudah mendapat vaksin dosis kedua.

Sejak kemarin, syarat terbang tanpa tes swab antigen dan PCR diberlakukan di Bandara Juanda. Khususnya bagi penerbangan domestik. Hal itu terkait keluarnya surat edaran (SE) dari Kemenhub. ’’SE Kemenhub keluar Selasa sore,’’ kata Yuristo Ardhi H., stakeholder relations manager Bandara Juanda.

Kelonggaran itu diharapkan bisa meningkatkan jumlah penumpang di Bandara Juanda. Yuris menuturkan, belum ada prediksi soal kenaikan penumpang sebagai imbas kebijakan tersebut. Pihaknya masih melihat perkembangan beberapa hari ke depan. Tren pergerakannya akan naik atau tidak.

Yuris menjelaskan, petugas validasi masih berada di lokasi. Mereka tetap mengecek dokumen persyaratan terbang. Apalagi, masih ada calon penumpang yang diwajibkan menggunakan hasil tes swab antigen atau PCR. Di antaranya, mereka yang masih mendapat vaksin dosis pertama serta calon penumpang dengan komorbid dan tidak bisa menerima vaksin. ’’Jadi, help desk masih ada,’’ terangnya.

Kelonggaran aturan itu disambut baik oleh masyarakat. Salah satunya Nurul Hamdan. Dia yang akan terbang ke Balikpapan pada Sabtu (12/3) sangat senang. Setidaknya bisa mengurangi biaya untuk tes swab antigen. Apalagi, pria asal Bojonegoro itu terbang bersama keluarganya. ’’Alhamdulillah bisa sedikit hemat,’’ ucapnya Rabu (9/3) siang.

Penerbangan internasional reguler di Bandara Juanda juga sudah dibuka. Artinya, tidak hanya melayani penerbangan repatriasi atau pemulangan PMI, tapi juga wisatawan WNI dan WNA. Termasuk pemberangkatan jemaah umrah. ’’Surat edarannya juga sudah keluar,’’ ujar Yuris.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : omy/c18/ai

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads