alexametrics

Pemkab Gresik Rencana Aktifkan Jalur Rempah Tempo Dulu

10 Maret 2021, 13:15:56 WIB

JawaPos.com – Gresik satu di antara kota lama di Nusantara. Usianya genap 534 tahun. Sejauh ini, masih banyak peninggalan yang bernilai sejarah. Sebut saja jalur sutra rempah-rempah. Jalur itu menghampar di wilayah kota hingga pesisir utara Sidayu.

Kini, jalur rempah masa penjajahan Belanda itu mulai dilirik Pemkab Gresik. Dinas pariwisata dan kebudayaan (disparbud) berencana mengaktifkan kembali jalur tersebut.

Kepala Disparbud Gresik A.H. Sinaga mengatakan, pada zaman Belanda, Gresik bagian pesisir merupakan jalur perdagangan rempah. Para pedagang dari luar negeri melintasi jalur itu untuk membawa rempah sampai ke Tuban hingga Semarang.

Nah, saat ini bekas jalur tersebut masih ada. Di antaranya, peninggalan rumah-rumah bercorak Belanda. ’’Dulu, rumah-rumah itu dijadikan sebagai tempat persinggahan,” katanya.

Sinaga menyatakan, pihaknya berencana untuk mengusulkan sejumlah rumah di jalur rempah itu agar dapat masuk cagar budaya. Jumlahnya banyak. Ada puluhan rumah di sepanjang pelabuhan hingga Sidayu. Setelah jalur rempah tersebut kembali aktif, pihaknya berencana menjadikannya sebagai tempat wisata heritage.

Baca Juga: Terpapar Covid-19, Menolak Rawat Inap, Warga Gresik Meninggal Mendadak

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : son/c7/hud

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads