alexametrics

Sebelum Hari Lahir Pancasila, Rekonstruksi Rumah Bung Karno Rampung

10 Januari 2022, 19:37:53 WIB

JawaPos.com- Rumah kelahiran Bung Karno di Jalan Pandean VI, Peneleh, Kecamatan Genteng, Surabaya, tak lama lagi bakal direkonstruksi. Melalui dinas perumahan rakyat dan kawasan permukiman serta pertanahan (DPRKPP), pemkot sudah menyiapkan anggaran. Pengerjaan rencananya dimulai Maret mendatang.

Sebelumnya rumah kelahiran Presiden pertama RI itu dihuni warga. Kurang lebih setahun kemudian, tempat bersejarah itu diambil alih dan menjadi aset pemkot. Perbaikan dan renovasi juga mulai dilakukan untuk ditata lebih baik.

Kabid Bangunan Gedung DPRKPP Pemkot Surabaya Iman Krestian menyatakan, rekonstruksi hanya dilakukan pada rangka atap bangunan. Sebab, kondisinya sudah rusak. Selain itu, rekonstruksi pada bangunan atas. Tepatnya, di bagian belakang. ’’Pembongkaran tidak terlalu banyak,’’ ucapnya.

Rekonstruksi juga menggandeng tim cagar budaya. Dengan begitu, pengerjaannya tidak menyalahi atau mengubah bangunan aslinya. Selain itu, pengerjaan bertujuan menambah fungsi bangunan. Sementara itu, perlengkapan dan lainnya masih menunggu dinas kebudayaan, pemuda, olahraga, dan pariwisata.

Iman menjelaskan, ada beberapa tahapan yang sudah dilakukan sebelum pengerjaan. Salah satunya, penilaian struktur dan rekap bangunan. Tujuannya, memilah mana bangunan yang orisinal serta tambahan untuk memudahkan dalam pengerjaan.

Rekonstruksi bangunan rencananya mulai dilakukan Maret. DPRKPP saat ini masih melakukan proses pembukaan lelang. Menurut Iman, Februari lelang dibuka. Pengerjaannya juga melihat situasi yang ada. Sebab, sekarang masih musim hujan.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : omy/c12/ai

Saksikan video menarik berikut ini: