Bupati Lumajang Thoriqul Haq Terpilih Jadi Ketua IKA PMII Jatim

10 Januari 2022, 13:59:00 WIB

JawaPos.com- Seperti sudah diduga, Thoriqul Haq terpilih sebagai ketua Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA PMII) Jatim periode 2022-2027. Bupati Lumajang itu terpilih secara aklamasi dalam musyawarah wilayah (Muswil) II di Bangkalan, Madura, Senin (10/1). Thoriq menggantikan KH Amin Said Husni, mantan bupati Bondowoso.

Sebelumnya, beberapa nama tokoh sempat mengemuka sebagai calon ketua. Di antaranya, Gubernur Khofifah Indar Parawansa, Wakil Ketua DPRD Jatim Anwar Sadad, Anggota DPD RI Ahmad Nawardi, hingga Arumi Bachsin (istri Wagub Jatim Emil Dardak). Namun, dalam perjalanannya, mereka tampaknya bersepakat untuk tidak maju dan menyerahkan ke kader muda.

‘’Kami mengucapkan selamat dan sukses kepada sahabat Thoriq. Semoga IKA PMII Jatim di bawah kepemimpinan beliau, semakin melambung tinggi di bawah kerangka PBNU, Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI, dan UUD 1945,’’ kata Ahmad Nawardi, anggota DPD RI dari Provinsi Jatim, kepada Jawa Pos, Senin (10/1) siang.

Di Jatim, Thoriq termasuk deretan kepala daerah muda. Dia lahir pada 14 Agustus 1977. Thoriq menempuh pendidikan di MTsN Ponpes Denanyar, Jombang. Lalu, melanjutkan sekolah di MAN 1 Malang sekaligus belajar di Ponpes Darul Ulum Al-Fadloli. Suami dari Hj Musfarinah itu meraih gelar sarjana dari UIN Sunan Ampel Surabaya pada 2000 dan mendapat gelar master dari University of Malaya, Malaysia pada 2004.

Sebelum menjadi bupati Lumajang, bapak tiga anak itu menjabat sebagai anggota DPRD Provinsi Jatim selama dua periode, yakni 2009-2014 dan 2014-2019. Belum tuntas sebagai anggota legislatif, pada 2018 lalu, Thoriq mencalonkan diri sebagai sebagai bupati Lumajang. Akhirnya, dia terpilih dengan pasangan Wabup Indah Amperawati Masdar. Selama memimpin Lumajang, Thoriq dikenal sebagai salah seorang bupati muda yang berani dan tegas.

Saat membuka Muswil II IKA PMII Jatim di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Minggu (9/1) siang, Gubernur Khofifah Indar Parawansa juga sempat memberikan pujian khusus kepada bupati Lumajang.

‘’Pak Thoriqul Haq, luar biasa. Beliau menyiapkan huntara (hunian sementara). Insya Allah menjadi role model,’’ ujar Khofifah.

Menurut Khofifah, tentu semua tidak ingin bencana. Tapi, Indonesia termasuk ring of fire (cincin api). Demikian juga Jatim. Nah, pembangunan huntara dan hunian tetap (huntap) di Kabupaten Lumajang bagi warga terdampak letusan Gunung Semeru, terbilang luar biasa dan akan menjadi referensi. ‘’Paling mantaplah di Indonesia. Kalau ada waktu ke sana,’’ ungkapnya.

Dari Muslimat sendiri, lanjut dia, total bantuan untuk warga terdampak Semeru di Lumajang hampir mencapai Rp 4 miliar. Dana itu antara lain untuk membangun lembaga pendidikan. Mulai dari TK, PAUD, hingga TPQ.

Editor : M. Sholahuddin

Saksikan video menarik berikut ini: