alexametrics
UK Petra Surabaya Buka Kelas Sertifikasi CFP

Mahasiswa Finest Program UK Petra Siap Hadapi Dunia Kerja

10 Januari 2022, 06:01:19 WIB

JawaPos.com–Program Finance and Investment Fakultas Bisnis dan Ekonomi Universitas Kristen Petra Surabaya mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi dunia kerja. Salah satunya melalui kerja sama Program Finance and Investment dengan Financial Planning Standard Board (FPSB) Indonesia.

”Program ini disebut juga dengan Finest Program. Dalam program ini, mahasiswa belajar tentang keuangan dan investasi. Kerja sama dengan lembaga profesi keuangan memungkinkan mahasiswa dapat memilih beberapa kelas sertifikasi yang ada,” ujar Ketua Program Finance and Investment UK Petra Mariana.

CFP atau certified financial planner adalah salah satu kelas sertifikasi pendidikan profesi perencana keuangan yang dapat dipilih mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman belajar tentang dunia profesi keuangan. Khususnya tentang profesi perencana keuangan. CFP dibawahi FPSB Indonesia atau Financial Planning Standard Board Indonesia.

Mahasiswa Finest Program UK Petra Siap Hadapi Dunia Kerja
Mahasiswa bersama pembicara, Tri Djoko Santoso seusai belajar materi Estate Planning di kelas sertifikasi CFP Program Finest UK Petra (Foto diambil sebelum Pandemi Covid 19). (UK Petra for JawaPos)

Menurut Mariana, kerja sama yang telah berjalan sejak 2005 dapat membawa mahasiswa meraih gelar CFP. Gelar CFP diakui secara internasional atau international recognition, sehingga berlaku dan diakui di luar Indonesia.

Chairman of FPSB Indonesia Tri Djoko Santoso mengatakan, profesi perencana keuangan telah menjadi tren terbaru bagi generasi muda. Berdasar data FPSB Indonesia, terdapat kenaikan jumlah orang yang mengambil sertifikasi perencanaan keuangan yang tumbuh rata-rata 20 persen per tahun sejak 2017.

”Pertumbuhan disebabkan lebih banyak orang Indonesia yang didominasi kelompok generasi Y dan X yang lebih peduli pada keuangan mereka sekarang dan masa depan,” tutur Tri pada Minggu (9/1).

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : rafika, ARM

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads