alexametrics

Surabaya Terbanyak, Gresik Kedua, Sidoarjo Terbawah

Sekolah Peraih Adiwiyata dari KLHK
9 Desember 2021, 13:32:29 WIB

JawaPos.com– Jumlah sekolah berwawasan lingkungan di Kota Pahlawan Surabaya terus bertambah. Tahun ini, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menetapkan 14 satuan pendidikan meraih predikat sekolah adiwiyata (green school). Perinciannya, 7 sekolah dari jenjang SD dan 7 sekolah level SMP.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemkot Surabaya Suharto Wardoyo menjelaskan, 14 sekolah itu terpilih setelah melalui rangkaian seleksi. ”Kami usulkan lebih dari itu, tapi yang terpilih ada 14 lembaga,” kata Anang, sapaan akrab Suharto Wardoyo, kemarin (8/12).

Untuk mendapatkan predikat adiwiyata, setiap sekolah harus memenuhi beberapa persyaratan. Minimal harus memenuhi empat kriteria pokok. Di antaranya, kebijakan sekolah harus berwawasan lingkungan.

Selain itu, sekolah wajib memiliki visi, misi, tujuan, dan sasaran yang memuat kebijakan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Berikutnya, pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan.

Kriteria pokok itu dituangkan dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan termuat dalam seluruh mata pelajaran sebagai pengembangan pendidikan lingkungan hidup (PLH). ”Guru dan siswa punya peran sangat penting,” ujarnya.

Selanjutnya, kegiatan lingkungan harus berbasis partisipatif. Selain itu, sekolah wajib menyiapkan sarana pendukung ramah lingkungan. ”Ke depan jumlahnya (sekolah adiwiyata, Red) akan terus perbanyak,” jelasnya.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : mar/c7/aph

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads