alexametrics

Pilwali Surabaya: Kini Muncul Empat Paslon Independen

9 Desember 2019, 20:42:04 WIB

JawaPos.com – Bakal calon peserta pilwali mendatang dari jalur independen terus bermunculan. Hingga sekarang sudah ada empat pasangan calon yang berniat maju lewat jalur independen.

”Empat paslon itu intens komunikasi ke kami. Artinya, ada delapan orang,” kata Ketua KPU Surabaya Nur Syamsi kemarin (8/12). Syamsi tak mau menyebutkan siapa saja empat paslon tersebut. Namun, dia membenarkan bahwa dua di antara paslon tersebut adalah M. Sholeh dan Samuel Teguh Santoso.

Dua paslon tersebut sudah mendeklarasikan diri secara terbuka. Mereka harus mengumpulkan dukungan 138.565 warga. Itu dibuktikan dengan fotokopi KTP mereka. Angka tersebut dihitung dari 6,5 persen dari total daftar pemilih tetap (DPT) di Surabaya.

Syamsi menerangkan, ada proses panjang yang harus ditempuh paslon independen. Mereka harus memasukkan sendiri data dukungan tersebut ke sistem informasi pencalonan (silon). ”Karena mereka belum tahu caranya, KPU akan memandu. Bulan ini akan kami undang mereka untuk sosialisasi,” kata dia.

KTP yang dikumpulkan harus direkap per kelurahan dan kecamatan. Paslon harus mendapat dukungan itu minimal dari separo jumlah kecamatan Surabaya. Artinya, mereka harus mengumpulkan KTP minimal dari 16 kecamatan.

Seluruh data tersebut harus dikumpulkan pada 19–23 Februari. Tersisa waktu dua bulan bagi bagi setiap paslon untuk mengumpulkan dukungan itu.

Dalam tahap verifikasi, KPU bakal mengecek kebenaran data secara administratif dan faktual. Yang dicek dalam verifikasi administrasi adalah kesesuaian jumlah KTP yang dikumpulkan dan persebaran kecamatan. Dalam verifikasi faktual, KPU bakal mendatangi satu per satu rumah dari KTP yang dikumpulkan paslon. ”Nanti semua PPS (panitia pemungutan suara) yang turun,” kata dia.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : sal/c6/eko


Close Ads