alexametrics

Sahkan APBD di Hari Pahlawan, DPRD dan Wali Kota Berkostum Pejuang

9 November 2021, 12:57:55 WIB

JawaPos.com- Pembahasan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) 2022 Kota Surabaya akhirnya tuntas. Pemkot dan DPRD Kota Surabaya sepakat menggedok APBD 2022 sebesar Rp 10,3 triliun, besok (10/11) atau bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan.

Kesepakatan tersebut diambil dalam rapat badan anggaran (banggar) dan tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) Kota Surabaya, Senin (8/11).

Ketua Banggar DPRD Kota Surabaya Adi Sutarwijono mengatakan, rapat tersebut dihadiri pimpinan dewan dan ketua TAPD yang juga Sekkota Surabaya Hendro Gunawan. “Kita sepakat kekuatan APBD tahun 2022 sebesar Rp 10,3 triliun. Hampir sama dengan APBD Surabaya sebelum pandemi Covid-19,” ujarnya.

Pejabat yang akrab disapa Awi itu mengatakan, nilai APBD tersebut menunjukkan optimisme pemerintah untuk memulihkan kondisi ekonomi yang lesu dampak pandemi Covid-19. Kebijakan untuk melonggarkan berbagai kegiatan masyarakat juga sudah diterbitkan. Khususnya, kelonggaran dalam hal aktivitas ekonomi seiring semakin melandainya risiko penularan Covid-19.

Rapat paripurna besok akan didahului dengan penyampaian pandangan akhir dari fraksi-fraksi DPRD Kota Surabaya tentang APBD  2022. Masing-masing fraksi diberi kesempatan untuk menyampaikan pendapatnya untuk pembangunan Kota Surabaya ke depan.

Menurut Awi, pengesahan APBD 2022 yang dilangsungkan bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan merupakan kado istimewa. Apalagi, nilai APBD yang disepakati cukup fantastis. “Dengan semangat Hari Pahlawan, kami ingin mempersembahkan APBD sebesar Rp 10,3 triliun untuk rakyat Surabaya. Dengan makin besar itu, makin besar pula anggaran untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di sejumlah bidang. Terutama pendidikan dan kesehatan,” tuturnya.

Editor : M. Sholahuddin

Saksikan video menarik berikut ini: