alexametrics

Ketua DPRD Kota Surabaya Ikut Pergelaran Wayang Hari Sumpah Pemuda

9 November 2021, 18:41:38 WIB

JawaPos.com–Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Surabaya Adi Sutarwijono ikut berperan dalam pergelaran wayang Sejarah Sumpah Merah Putih Gayatri Rajapatni, Senin (8/11) malam. Pergelaran seni dan budaya yang berlangsung di Tugu Pahlawan Surabaya itu merupakan rangkaian dari Surabaya Art & Culture Festival (SACF) 2021.

Pergelaran itu disiarkan langsung secara virtual atau live Instagram dan streaming Youtube. Pertunjukan itu sekaligus menjadi rangkaian Peringatan Hari Sumpah Pemuda, Hari Wayang Dunia, dan Pekan Budaya Nasional.

Adi Sutarwijono mengaku, baru pertama kali masuk dalam dunia panggung. Meski demikian, dia tidak merasa grogi atau deg-degan.

”Ini yang pertama ada di dunia panggung. Tapi nggak deg-degan,” kata Adi Sutarwijono ketika dihubungi pada Selasa (9/11).

Dalam pergelaran tersebut, Adi Sutarwijono mengenakan jubah jingga terang. Tampil khas dengan kacamata, ketua DPRD Surabaya itu dengan gagahnya membacakan Syair Sang Kala.

Penampilan fantastis itu diakui Adi Sutarwijono tidak melalui proses latihan. Sebab, ketika gladi resik atau latihan terakhir, dia sedang menjalani rapat di wilayah Surabaya selatan.

Nggak ada latihan, nggak ada gladi resik. Tapi saya senang dengan pergelaran seperti ini,” tutur Adi Sutarwijono.

Bila ke depannya akan ada pergelaran yang wajib diikuti, Adi Sutarwijono mengaku tak akan menampik tawaran tersebut. Sebab menurut dia, hal itu sebagai salah satu upaya meyakinkan warga bahwa Kota Surabaya tengah memulihkan diri.

”Sudah hampir dua tahun Surabaya kena pandemi. Otomatis kegiatan seni dan pariwisata berhenti total. Dengan kegiatan ini, kami meyakinkan warga bahwa kegiatan seni akan dihidupkan kembali,” jelas Adi Sutarwijono.

Politikus senior PDIP yang pernah menggeluti dunia jurnalisme itu mengatakan, DPRD Kota Surabaya akan terus berupaya untuk memfasilitasi kebutuhan masyarkaat. Baik kebutuhan sehari-hari maupun kebutuhan untuk berkesenian.

”Terlebih, dengan adanya pagelaran SACF ini, DPRD akan terus berjalan bersama rakyat,” ucap Adi Sutarwijono.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Rafika Rachma Maulidini, ARM

Saksikan video menarik berikut ini: