alexametrics

Pengoperasian Merr Tunggu Sidoarjo Pasang Traffic Light

9 November 2019, 16:48:38 WIB

JawaPos.com – Middle east ring road (MERR) yang menghubungkan Surabaya–Sidoarjo kini telah rampung. Namun, dua ruas jalan itu belum bisa dioperasikan dalam waktu dekat. Sebab, persiapan di sisi Sidoarjo belum tuntas.

Pengerjaan MERR sisi barat telah selesai bulan lalu. Berbagai persiapan dilakukan agar jalur itu bisa segera digunakan. Mulai rekayasa lalu lintas hingga perangkat pendukungnya.

Saat ini ruas jalan yang beroperasi hanya sisi timur atau yang mengarah ke luar kota. Pengoperasian jalur itu tidak membutuhkan banyak perangkat lalu lintas. Sebab, lalu lintas hanya searah dan tidak terlalu menimbulkan keruwetan.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Surabaya Irvan Wahyudrajad mengatakan, saat ini di sisi Surabaya sedang dilakukan pemasangan traffic light (TL) Di antaranya, persimpangan Jalan Gunung Anyar Timur dan MERR. Penempatan rambu-rambu lalu lintas itu merupakan usulan warga. Persimpangan jalan sering digunakan warga untuk beraktivitas. ’’Pengoperasian MERR menunggu TL sisi Sidoarjo siap dulu,” ujarnya.

Kasi Sarana dan Prasarana Lalu Lintas Dishub Surabaya Prasetyo Prambayanto menambahkan, pemasangan TL diprediksi rampung pada pertengahan November ini. Setelah itu, dilanjutkan persiapan lain. ’’Pemasangan TL itu memang lebih cepat dari target. Kami akan periksa juga instalasi untuk PJU setelah ini,” katanya.

Menurut Prasetyo, warning TL di titik U-turn juga dipasang. Ada dua titik yang sudah selesai. Yang juga akan dipasang adalah speed trap di beberapa titik rawan. Apalagi, di kawasan itu masih banyak jalan kampung yang terhubung dengan MERR.

Untuk sisi Sidoarjo, setidaknya ada tiga TL yang akan dipasang. Titik pemasangan TL tersebut berada di jalan bawah tol Tambak Sumur arah barat menuju timur. Juga, di jalan dalam Kota Surabaya menuju selatan. Terakhir, di jalan dari arah Perumahan Pondok Tjandra menuju tol Tambak Sumur dan MERR

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : gal/c7/git



Close Ads