alexametrics

Monumen Tentara RI Pelajar Gagal Diresmikan 10 November

9 November 2019, 18:48:58 WIB

JawaPos.com – Banyak yang berharap Monumen Tentara Republik Indonesia Pelajar (TRIP) diresmikan tepat pada Hari Pahlawan, 10 November. Namun, Pemprov Jatim tidak bisa merealisasikan proyek itu. Keluarga besar TRIP pun kecewa karena tetenger tersebut merupakan kompensasi atas penolakan perubahan nama Jalan Gunungsari.

’’Katanya gagal lelang,’’ ujar Enny Wisnoe Wardhani, pengurus harian Paguyuban TRIP Jatim, kemarin. Bukan hanya tidak bisa diresmikan tepat pada 10 November, tetenger itu tampaknya juga tidak bisa dibangun tahun ini.

Padahal, sebagian ruas Jalan Gunungsari sudah resmi berubah jadi Jalan Prabu Siliwangi. Namanya berubah seiring peletakan batu pertama oleh mantan Gubernur Jatim Soekarwo pada 3 Februari lalu. Perubahan tersebut dilakukan sebagai rangkaian harmonisasi budaya Jawa-Sunda. Namun, TRIP selalu menolak perubahan itu karena di sana merupakan lokasi pertempuran yang menewaskan sejumlah pejuang. Termasuk TRIP.

Kepala Dinas Cipta Karya Jatim Rudi Ernawan mengatakan, realisasi monumen gagal karena tidak ada pemenang lelang yang lolos. Karena itu, monumen tersebut tidak bisa direalisasikan tahun ini. Pemprov pun bakal melelang ulang proyek tersebut, tetapi dikerjakan tahun depan. ’’Pesertanya gugur karena dokumen tidak lengkap,’’ paparnya.

Lokasi pembangunan monumen itu berada di depan Yani Golf. Namun, ada sengketa tanah antara pengurus Yani Golf dan Pertamina. Rudi menegaskan bahwa persoalan tersebut sudah diselesaikan. Kedua pihak menyetujui pembangunan monumen itu. Jadi, kendalanya memang hanya di proses lelang

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : sal/c15/ano



Close Ads