alexametrics

Terminal Bus Sunan Giri Gresik Butuh Perhatian

9 September 2019, 21:17:58 WIB

JawaPos.com – Kondisi terminal bus wisata religi Sunan Giri di Jalan Mayjen Sungkono belakangan tampak mengenaskan. Yakni, gersang dan bau. Padahal, sejatinya, terminal itu menjadi salah satu ”etalase” bagi Kota Pudak. Sebab, ribuan peziarah datang setiap hari ke Makam Sunan Giri. ”Kaget juga kok begini terminalnya,” ujar Suleman, salah seorang peziarah, saat singgah di Terminal Sunan Giri kemarin (8/9).

Lelaki 49 tahun itu memang baru kali pertama ikut rombongan ziarah. Dia menyebutkan, selain baunya kurang sedap, terminal tersebut kurang tertata. ’’Sebetulnya, ini kan potensi bagi Gresik. Di terminal yang menjadi jujukan orang luar dari seluruh Indonesia, harus ada pengaturan dan layanan yang baik. Dengan begitu, akan menjadi brand positif. Begitu pula sebaliknya,’’ tuturnya.

Dari pangamatan Jawa Pos kemarin, sekitar pukul 14.30 ada delapan peziarah yang singgah di Terminal Sunan Giri. Mereka berasal dari berbagai daerah di Jatim maupun Jawa Tengah. Para pengunjung itu mengaku kegerahan. Maklum, penghijauan begitu minim. Taman di depan gerbang bertulisan Terminal Bus Ziarah Makam Sunan Giri pun tampak kering. Sebagian pagar kawat besinya sudah roboh.

’’Kesan yang tampak, terminal ini seakan tidak mendapatkan perhatian. Kurang terurus dengan baik. Padahal, ini termasuk muka dari Gresik,’’ ungkap sejumlah pengunjung.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : yad/c20/hud



Close Ads