alexametrics

New Normal: Di Unesa KKN Bisa di Daerah Asal dan Magang Harus WFH

9 Juli 2020, 05:05:03 WIB

JawaPos.com – Selama penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), Universitas Negeri Surabaya (Unesa) melaksanakan kegiatan perkuliahan secara daring. Bahkan, kegiatan praktikum dan lapangan harus menyesuaikan dengan kondisi pandemi.

Sebagian besar mahasiswa menyelesaikan kuliah semester ini juga tanpa ada seremonial resmi. ’’Tetap bisa lulus, tapi pelaksanaan wisuda ditunda dulu,” jelas Kepala Humas Unesa Vinda Maya Setianingrum.

Bagi yang lulus pada Agustus mendatang, kata Vinda, berkas persyaratan yudisium sudah bisa dikumpulkan. Pendaftar sudah bisa mengajukan. Tidak perlu pergi ke kampus, kini pengumpulannya bisa dilakukan secara online.

Ya, akhir Juni lalu, pihak kampus telah mengeluarkan surat edaran baru. Isinya tentang pembatasan kegiatan berskala besar (PKBB). Selama dua minggu, tak ada kegiatan di sekitar kampus. Sistemnya, bekerja dari rumah (WFH). ’’Yang berjaga di kampus tetap ada. Tapi, hanya dibatasi dua orang per bagian dan wajib mematuhi protokol,’’ terangnya.

PKBB Unesa berlaku hingga 10 Juli mendatang. Vinda menjelaskan, kebijakan itu dikeluarkan karena terus bertambahnya civitas academica yang terindikasi Covid-19 dari hasil rapid test. ’’Pak Rektor tak ingin penularan Covid-19 semakin luas. Keselamatan diutamakan,’’ tuturnya.

Menjelang tahun akademik baru, Vinda menyampaikan bahwa pihaknya telah mempersiapkan kelaziman baru atau biasa dibilang new normal di kampus. Di antaranya, pembatasan sosial. Setiap kursi diberi jarak. Ruang lift juga dibatasi maksimal hanya empat orang.

Menuju new normal, apakah perkuliahan mulai bisa dilaksanakan di dalam kelas? Dia menjelaskan, semula Unesa hendak menerapkan perkuliahan hybrid. Sebagian mahasiswa hadir di kelas. Sebagian lainnya mengikuti kuliah daring. Tapi, rencana itu tidak jadi dilaksanakan. Alasannya, angka penularan Covid-19 di Jatim terus meningkat. Terutama Surabaya. ’’Jadi diputuskan, perkuliahan tetap online hingga akhir tahun,’’ ujarnya.

Menurut Vinda, jika persebaran virus di Surabaya menurun, perkuliahan hybrid bisa dilaksanakan pada 2021. Kuliah daring diperuntukkan mahasiswa yang materi pembelajarannya bersifat teori. Mereka cukup bertatap muka dengan dosen pengampunya lewat online. Untuk mahasiswa semester akhir, mereka mulai menghadapi perkuliahan praktikum. Tentu kehadiran di kelas sangat diutamakan. Karena itu, mereka diperbolehkan datang ke kampus dan bisa menggunakan fasilitas laboratorium.

Bagaimana dengan mahasiswa yang hendak magang? Dia menjawab bahwa Unesa hanya mengizinkan magang di kantor yang menyediakan sistem bekerja dari rumah (WFH). Tujuannya, menghindari risiko penularan Covid-19.

Sementara itu, kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) tahun ini dilaksanakan sesuai dengan daerah asal mahasiswa. Tujuannya, mengurangi perpindahan mahasiswa antarkabupaten maupun provinsi.

Persiapan Unesa Menuju Kelaziman Baru

  • Perkuliahan online hingga akhir tahun.
  • Magang hanya diperbolehkan di tempat kantor yang memberlakukan WFH.
  • Pelaksanaan KKN di daerah asal mahasiswa.
  • Kegiatan administratif atau surat-menyurat diarahkan ke layanan digital.
  • Pertemuan atau rapat yang melebihi 5 orang dilakukan secara daring.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : oby/c7/git



Close Ads