alexametrics

Jelajah Bangunan Bersejarah Kota Pahlawan Tinggal Klik HP

9 April 2022, 05:30:23 WIB

JawaPos.com- Teknologi semakin memudahkan beragam kegiatan hingga pengetahuan. Kini warga yang ingin mengetahui cerita bangunan bersejarah di Kota Pahlawan cukup mengakses website yang disediakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Surabaya. Tinggal klik, seluruh informasi tampil di layar HP.

Kemarin (7/4) Maya Dyah Lestari berjalan menyusuri Jalan Tunjungan. Tepat di depan Gedung Siola, dia mengeluarkan HP, lalu membuka website https://dispusip.surabaya.go.id/ .

Kamera HP diarahkan ke mal pelayanan publik (MPP) tersebut. ”Langsung dapat notifikasi keterangan Gedung Siola,” ungkapnya.

Platform digital itu dirancang Dispusip Surabaya dan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Airlangga (Unair). Namanya Ensklopedia Kearifan Lokal Surabaya. ”Lewat inovasi itu, pemkot dan Unair berupaya memperkenalkan sejarah dan budaya di metropolis,” ujar Koordinator Pengabdian Masyarakat Ensiklopedia FIB Unair Kukuh Yudha Karnanta.

Bukan hanya Siola, ensiklopedia kearifan lokal itu juga menyediakan informasi detail peninggalan sejarah lain di Surabaya. Misalnya, Benteng Kedung Cowek. Pengunjung bisa melihat bentuk bangunan secara virtual. Seolah menjelajah ke dalam bangunan yang berdiri sejak 1900 tersebut.

Menurut Kukuh, kini sudah ada 87 titik bangunan bersejarah yang bisa dinikmati secara virtual. Website itu juga menyediakan informasi budaya seperti permainan tradisional. ”Saat mencari informasi itu pun, tim kami dibekali panduan tentang apa saja yang harus dicari sehingga informasinya lengkap,” jelasnya. 

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : gal/c14/aph

Saksikan video menarik berikut ini: