alexametrics

Tutup Tanggul Penahan Lumpur Sidoarjo dengan Terpal

9 Maret 2021, 11:40:03 WIB

JawaPos.com – Tanggul penahan lumpur Sidoarjo di titik 67 di Desa Gempolsari, Tanggulangin, Sidoarjo, ditutup terpal. Petugas Pelaksana Pengendalian Lumpur Sidoarjo (PPLS) menutupi tanggul tersebut dengan terpal sepanjang 150 meter.

Pemasangan terpal itu merupakan antisipasi agar tidak tergerus air hujan. Apalagi kondisi air di dalam pond kurang dari 2 meter mendekati bibir tanggul.

Sejumlah warga khawatir tanggul setinggi 11 meter itu ambles. Ternyata sebelumnya, tanggul penahan lumpur tersebut pernah ambles pada 2018. Apalagi sejumlah rumah warga berada di bawah tanggul penahan lumpur dan saat ini sering hujan deras.

Sejumlah warga Desa Gempolsari mengaku sampai saat ini belum ada penjelasan dari PPLS. Ketua RT 11 Desa Gempolsari Khoirul Anam menyebut sejak dua bulan menjelang puncak musim hujan, PPLS menutup tanggul penahan lumpur dengan terpal.

Khoirul menyebut ada enam RT di desanya yang berdekatan dengan tanggul. Yakni, RT 11 sampai RT 16. Warga, lanjut Khoirul, khawatir lantaran belum ada penjelasan. Menurut dia, tanggul penahan lumpur itu sempat ambles pada November 2020, tetapi tidak separah pada 2018.

’’Walaupun dianggap aman oleh PPLS, warga selalu resah. Warga takut karena curah hujan masih tinggi,’’ ujarnya.

Baca Juga: Disebut Terima Uang Rp 150 Juta, Cita Citata: Tarif Saya Enggak Segitu

Wakil Bupati Sidoarjo Subandi menyebutkan, langkah itu memang sebagai antisipasi saat musim hujan. ’’Biar tidak longsor, makanya dikasih terpal,’’ ujarnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : uzi/c6/diq

Saksikan video menarik berikut ini: