alexametrics

Kak Komang Lelang Lukisan untuk Korban Erupsi Gunung Semeru

8 Desember 2021, 20:16:42 WIB

JawaPos.com- Musibah erupsi Gunung Semeru di Lumajang membuat banyak kalangan turut berempati. Beragam cara dilakukan untuk menggalang dana dan bantuan. Seniman Gresik Komang Jaya Upadana pun turut tergerak. Dia melelang dua lukisannya. Seluruh hasilnya diberikan untuk warga terdampak.

Kedua lukisan Kak Komang—panggilan Komang Jaya Upadana–bergambar masjid dan lafaz Arab itu memiliki filosofi sendiri.

Setiap penikmat seni yang melihat lulisan Kak Komang, secara tidak langsung ikut berzikir kepada Allah dan bersalawat kepada Nabi Muhammad SAW. “Dua lukisan karya itu saya hibahkan untuk korban bencana alam Gunung Semeru,’’ ujarnya.

Selama ini, karya lukisan seniman 44 tahun itu rata-rata seharga jutaan rupiah. Kendati demikian, dalam dua lukisan kali ini, Kak Komang mengaku pasrah siapapun pembelinya dan berapapun harganya. Yang pasti, hasilnya akan diserahkan ke korban erupsi Gunung Semeru di Lumajang.

“Bagi siapa saja yang tertarik ingin menikmati karya yang saya lelang, silakan menghubungi kantor MUI Gresik di area kompleks Masjid Agung Gresik,” bebernya.

Kak Komang adalah seniman yang menempuh karirnya sebagai pelukis. Dia aktif mengambar sejak 1997 dengan genre lukis sketsa wajah. Kemudian pada 2000, alumnus Universitas Negeri Jember (UNEJ) itu mulai aktif melukis di media kanvas.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : yog

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads