alexametrics

Evaluasi PTM Surabaya, Antar Jemput oleh Ortu Hanya Berjalan Satu Hari

8 September 2021, 17:48:52 WIB

JawaPos.com – Pelaksanaan simulasi serta pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas membutuhkan dukungan wali murid. Setiap hari orang tua diminta mengantar sekaligus menjemput anaknya. Sayangnya, baru berjalan dua hari, komitmen tersebut telah luntur.

Temuan itu disampaikan Kepala SMP 17 Agustus 1945 Wiwik Wahyuningsih. Dia menjelaskan, pelaksanaan PTM terbatas pada hari pertama berjalan sesuai ketentuan. Guru dan siswa mematuhi protokol kesehatan (prokes). Orang tua antar jemput pelajar di sekolah.

Berselang satu hari, kondisi itu berubah. Sejumlah wali murid lupa akan janjinya. Mereka tidak lagi antar jemput pelajar. ”Hari pertama masih komitmen. Kedua, sudah di-ojol-kan (antar jemput ojek online),’’ jelasnya Selasa (7/9).

Wiwik sempat menelaah persoalan tersebut. Dia mencari tahu penyebab orang tua tidak bisa mengantar jemput siswa. ”Alasannya, kedua orang tua bekerja,’’ ucapnya.

Menurut Wiwik, sekolah memang tidak bisa memaksa orang tua untuk sementara menunda bekerja saat pelaksanaan PTM terbatas. Atau meluangkan waktu sejenak antar jemput. Saat ini pihaknya masih mencari solusi. ”Esensi utama antar jemput agar siswa dipastikan pulang selepas belajar di sekolah,’’ paparnya.

Keluhan senada disampaikan Kepala SMPN 28 Triworo Parnoningrum. Dia mengatakan, ada beberapa kendala yang dihadapi sekolah saat PTM terbatas berjalan. Salah satunya terkait komitmen penjemputan siswa oleh orang tua.

Berbeda halnya dengan temuan di SMP 17 Agustus 1945. Di SMPN 28, ada orang tua yang tidak bisa menjemput anaknya on time. Selepas tengah hari, wali murid itu baru datang ke sekolah. ”Ada yang sampai pukul 12.00 baru dijemput,’’ ucapnya.

Woro, sapaan akrab Triworo Parnoningrum, maklum jika orang tua sibuk bekerja. Namun, dia meminta agar orang tua tetap menjunjung komitmen. Siswa harus dijemput. ”Ini berkaitan dengan keamanan serta kesehatan siswa selama PTM terbatas,’’ jelasnya.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : aph/sam/c6/git




Close Ads