alexametrics

Rapid Test 2.000 Orang di Lapangan KONI, 9 Warga Positif Covid-19

8 Mei 2020, 19:19:19 WIB

JawaPos.com – Upaya pemerintah untuk memutus mata rantai persebaran Covid-19 didukung banyak pihak. Berbagai lembaga memberikan bantuan untuk pelayanan rapid test Covid-19 gratis. Misalnya, yang dilakukan Halodoc, RS Mitra Keluarga, dan Prudential di lapangan KONI Kamis (7/5).

Dalam sehari, setidaknya 500 warga memanfaatkan fasilitas rapid test gratis. Ada yang tanpa gejala. Ada pula yang memiliki indikasi mengarah Covid-19.

Team Leader Regional Surabaya Halodoc Amar Mukhlisin menyatakan, fasilitas pelayanan rapid test gratis tersebut merupakan upaya untuk mendukung pemerintah memutus mata rantai persebaran Covid-19. ’’Sudah empat hari ini layanan rapid test drive-thru gratis dibuka di lapangan KONI, Jalan Kertajaya,’’ katanya.

Antusiasme masyarakat cukup tinggi. Saat layanan rapid test dibuka pada pukul 08.00, sudah banyak warga yang mengantre. Mereka datang dari berbagai kalangan. Rata-rata, dalam sehari, ada 400–500 orang yang ikut menjalani tes cepat tersebut. ’’Diharapkan, makin banyak orang yang dites sehingga dapat membantu menekan angka persebaran Covid-19,’’ ujarnya.

Amar menjelaskan, layanan rapid test gratis itu dibuka hingga 16 Mei di lapangan KONI. Prosedurnya, masyarakat harus mendaftar melalui aplikasi di Pulse by Prudential dan Halodoc. ’’Setelah men-download aplikasi dan mendaftar, nanti diverifikasi customer service. Jika sudah terkonfirmasi oleh CS, tinggal datang ke lapangan KONI,’’ paparnya.

Masyarakat yang bingung mendaftar lewat aplikasi bisa datang langsung ke lapangan KONI. Petugas di lokasi akan membantu men-download dan mendaftarkan melalui aplikasi di handphone pendaftar. Rencananya, rapid test secara drive-thru juga diadakan di Waru, Sidoarjo, pada Senin (11/5).

Amar menyebutkan, hasil rapid test bisa diketahui 1 x 24 jam. Hasilnya bakal disampaikan melalui aplikasi dengan keterangan negatif atau positif Covid-19. Hingga kemarin, total ada 2.000 orang yang ikut rapid test gratis di lapangan KONI. ’’Ada yang positif, sekitar sembilan orang,’’ ungkapnya.

Warga yang diketahui positif Covid-19 langsung disarankan mendatangi rumah sakit terdekat untuk ditindaklanjuti dengan tes swab. 

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : ayu/c14/dio

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads