alexametrics

AP I Pastikan Penumpang Bepergian dari Juanda Sesuai Kriteria

8 Mei 2020, 18:18:03 WIB

JawaPos.com – Kembali beroperasinya seluruh moda transportasi membuat manajemen memperketat penjagaan. PT Angkasa Pura I menyiapkan posko pengamanan dan pemeriksaan calon penumpang di Bandara Juanda. Tujuannya, memastikan penumpang yang berangkat sesuai dengan kriteria peraturan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Posko itu didirikan untuk mendukung perjalanan penumpang pesawat pada masa larangan mudik. Sebab, berdasar Surat Edaran (SE) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nomor 4 Tahun 2020 tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19, ada beberapa kriteria penumpang yang diperbolehkan naik pesawat.

Kriterianya adalah penumpang yang akan melaksanakan tugas kedinasan, kepentingan umum, kesehatan dan medis, pulang ke daerah asal, kebutuhan repatriasi, layanan fungsi ekonomi penting, mobilisasi pekerja migran Indonesia, maupun kriteria penumpang lainnya yang diatur sesuai dengan kebijakan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Communication Manager Bandara Internasional Juanda Sumiran menyatakan, posko disiapkan sejak kemarin (7/5). Posko itu berada di sebelah timur anjungan atau dekat dengan ATM center Terminal 1 Bandara Juanda. ’’Posko sudah siap dan mulai difungsikan,’’ katanya kemarin siang.

Sumiran menjelaskan, posko dijaga berbagai unsur. Mulai satgas pam hingga kantor kesehatan pelabuhan (KKP). Petugas tidak hanya bertugas memeriksa dokumen, tetapi juga kondisi kesehatan penumpang. Semuanya dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan penanganan Covid-19. Misalnya, wajib memakai masker. Jadi, kata dia, pemeriksaan dilakukan untuk memastikan penumpang tersebut sesuai dengan kriteria atau tidak.

’’Penumpang diminta menunjukkan dokumen atau persyaratan yang ada. Termasuk surat keterangan untuk melakukan perjalanan,’’ paparnya. Itulah bukti bahwa penumpang memiliki tujuan yang jelas dan tidak mudik. Sebab, tujuan didirikannya posko adalah mencegah warga yang mudik melalui jalur udara, khususnya menggunakan pesawat. ’’Semua calon penumpang bakal diperiksa,’’ ujarnya.

Sumiran mengungkapkan, hingga kemarin aktivitas penerbangan di Juanda hanyalah penerbangan pesawat kargo. Sebaliknya, belum ada pesawat penumpang yang beroperasi. Pihaknya berharap semua penumpang bisa menaati protokol kesehatan yang sudah diterapkan pemerintah.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : omy/c14/ai

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads