alexametrics

Puluhan Rumah Berantakan, Dua Desa di Tulangan Diterjang Angin Kencang

8 April 2022, 10:24:37 WIB

JawaPo.com- Dua desa di Kecamatan Tulangan, Sidoarjo, tersapu angin kencang disertai hujan lebat Rabu (6/4) petang lalu, yakni Desa Grogol dan Sudimoro. Akibat kejadian itu, puluhan rumah rusak. Atap ambrol, tembok jebol, dan genting terjatuh. Bahkan, satu tiang listrik roboh hingga menyebabkan aliran listrik di puluhan rumah padam. Tak ada korban jiwa atau luka berat dalam peristiwa tersebut.

Malam hingga dini hari kemarin (7/4) Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor meninjau langsung ke lokasi. Dia meminta rumah yang rusak segera dibantu perbaikan. Kemarin proses perbaikan langsung dilakukan. Warga juga gotong royong membongkar galvalum dan plafon yang masih tersangkut. Tiang PLN diperbaiki. ”Kami akan bantu perbaiki sampai tuntas,” ujarnya.

Identifikasi sudah selesai dilakukan kemarin. Total, ada 23 rumah yang rusak. Kategori ringan dan sedang. Selain itu, satu tempat usaha dan satu fasilitas umum milik MI Darul Hidayah juga rusak. Perinciannya, 12 rumah dan 1 fasum rusak di Desa Sudimoro, sedangkan 11 rumah dan 1 tempat usaha rusak di Desa Grogol.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sidoarjo Dwijo Prawito menyebutkan, identifikasi jumlah rumah yang terdampak telah rampung. Kebutuhan material untuk perbaikan rumah juga sudah dihitung. Tinggal distribusi material.

Pihaknya menerjunkan petugas di sana sampai pembersihan lokasi selesai. ”Hari ini petugas membantu warga di sana. Besok juga jika bersih-bersih puingnya belum selesai,” jelas Dwijo kemarin. Peralatan maupun truk dari BPBD juga diturunkan untuk membantu evakuasi runtuhan seng dan galvalum yang terbawa angin.

Ketua RT 2 RW 2, Desa Sudimoro, Muhammad Iskandar menjelaskan, warga mulai malam sudah gotong royong melakukan pembersihan. Kemarin listrik juga sudah kembali menyala. ”Kerusakan rata-rata gentingnya. Karena tersapu angin ditambah hujan deras. Tapi, tidak ada korban sama sekali,” terangnya.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : uzi/c9/any

Saksikan video menarik berikut ini: