alexametrics

Per 8-14 Februari, Surabaya Raya PPKM Level 2, Berikut Aturannya

8 Februari 2022, 11:33:43 WIB

JawaPos.com-  Seperti sudah diprediksi, wilayah aglomerasi Surabaya Raya kini turun ke PPKM level 2.  Maklum, dalam beberapa pekan terakhir tambahan kasus positif cukup signifikan. Baik di Kota Surabaya, Sidoarjo, maupun Gresik. Sebelumnya, sejak Oktober 2021 lalu, Surabaya Raya berada di PPKM level 1.

Keputusan tersebut sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) terbaru Nomor 9 Tahun 2022, tertanggal 7 Februari 2022. Inmendagri tersebut berlaku efektif pada hari ini (7/2) hingga 14 Februari nanti. Di Jatim, tercatat ada 21 kabupaten/kota yang kini berstatus PPKM level 2.

Berdasarkan unggahan Pemprov Jatim per 7 Februari 2022, kasus aktif Covdi-19 di Surabaya Raya memang bertambah cukup signifikan. Di Kota Surabaya ada sebanyak 1.426 orang yang menempati peringkat pertama di Jatim, Sidoarjo 990 orang (runner up), dan Gresik 508 orang (urutan keempat).

Adapun sejumlah aturan terbaru PPKM level 2 sesuai Inmendagri Nomor 9 Tahun 2022 adalah sebagai berikut:
1. Pelaksanaan pembelajaran di satuan pendidikan dapat dilakukan melalui pembelajaran tatap muka terbatas dan/atau pembelajaran jarak jauh berdasarkan Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri

2. Pelaksanaan kegiatan pada sektor nonesensial diberlakukan maksimal 50 persen work from office (WFO) bagi pegawai yang sudah divaksin dan wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi pada pintu akses masuk dan keluar tempat kerja.

3. Kegiatan makan/minum di tempat umum warung makan/warteg, pedagang kaki lima, lapak jajanan dan sejenisnya diizinkan buka dengan protokol kesehatan yang ketat sampai dengan pukul 21.00 waktu setempat dengan maksimal pengunjung makan 75 persen dari kapasitas dan waktu makan maksimal 60 menit yang pengaturan teknis diatur oleh pemerintah daerah.

Editor : M. Sholahuddin

Saksikan video menarik berikut ini: