alexametrics

Heran Minyak Goreng Langka, Gubernur Khofifah Datangi Pabrik di Gresik

8 Februari 2022, 09:10:15 WIB

JawaPos.com- Stok minyak goreng di pasaran, hingga kini masih saja langka. Masyarakat masih sulit mendapatkan komoditas tersebut. Banyak pelaku UMKM yang berbahan minyak goreng pun kelimpungan di tengah upaya bangkit dampak pandemi. Tidak terkecuali di Gresik.

Padahal, di Gresik terdapat pabrik minyak goreng besar. Beberapa di antaranya PT Wilmar Nabati Indonesia (WNI) dan PT Karya Indah Alam Sejahtera. Persoalan yang hingga kini belum terpecahkan itu diduga karena ada kesalahan dalam rantai pasok (supply chain).

Untuk mengurai benang kusut kelangkaan minyak goreng itu, kemarin (7/2) Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa bersama Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Nurchahyanto, dan Kapolda Irjen Pol Nico Afinta, mendatangi PT WNI di Jalan Kapten Darmo Sugondo. Tampak ikut mendampingi Bupati Fandi Akhmad Yani beserta Forkopimda Gresik.

Beberapa hari sebelumnya, gubernur juga mendatangi operasi pasar murah minyak goreng yang digelar Pemprov Jatim di Gresik. Sebanyak 2.000 liter minyak goreng langsung ludes dibeli masyarakat dengan harga subsidi. Maklum, dalam beberapa pekan terakhir, warga sudah kesulitan mencari minyak goreng. Bak pepatah, warga Gresik kini tak ubahnya menjerit di lumbung minyak goreng.

Dalam kunjungannya kemarin, mantan menteri sosial itu menyebutkan, setelah beberapa hari belakangan ini turun ke lapangan, pihaknya menemukan sejumlah toko yang tidak mendapat suplai minyak goreng hingga satu minggu. Khofifah pun keheranan sehingga dirinya proaktif untuk mengecek langsung ke produsen.

Khofifah menyatakan, yang masih menjadi masalah saat ini adalah terkait rantai pasok itu. Namun, pihaknya masih memetakan dan meminta semua pihak mengatasi masalah tersebut. ’’Jika minyak habis dalam dua jam, itu masih wajar. Tetapi, ini satu minggu tidak ada barang yang datang,’’ ucapnya.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : son/c12/diq

Saksikan video menarik berikut ini: