alexametrics

Jalan Raya Prapen Dilebarkan, Kemacetan Berkurang 60 Persen

8 Februari 2020, 19:40:10 WIB

JawaPos.com – Sejak proyek pelebaran jalan rampung pada akhir tahun lalu, lalu lintas di Jalan Raya Prapen, Tenggilis Mejoyo, berubah total. Pengendara yang biasanya berjalan merayap tidak lagi terlihat. Kepadatan karena intensitas kendaraan menumpuk mulai terurai.

Dari pengamatan kemarin siang, para pengendara tidak lagi berdesak-desakan ketika melintas di area itu. Sebab, lebar ruas jalan sudah ditambah. Baik sisi barat maupun timur. Yang semula hanya 6 meter kini jadi 8,5 meter. ”Situasinya makin terbantu dengan pengoperasian putar balik dari dua arah,” kata Kasi Pembangunan Kecamatan Tenggilis Mejoyo R. Panandaka Chandra Ramayana.

Dia mengatakan, pelebaran jalan dan pembuatan U-turn itu mengurai kemacetan parah yang kerap terjadi di Jalan Raya Prapen. Khususnya persimpangan Jagir Wonokromo–Panjang Jiwo–Jalan Raya Prapen. ”Makin ke utara kan makin padat. Kepadatan itu terpengaruh dari sisi selatan. Karena itu, dilebarkan di sisi selatan,” ujarnya. Chandra menyebut sejak selesai pengerjaan infrastruktur, kemacetan di kawasan tersebut berkurang 60 persen.

Kapolsek Tenggilis Mejoyo Kompol Kristiyan Beorbel Martino menambahkan, area tersebut saat ini semakin terkendali. Dulu pihaknya harus mengatur arus lalu lintas dengan membagi dua anggota di sisi barat dan timur.

Menurut dia, sekarang problem yang ditangani mereka adalah mencegah terjadinya parkir liar di area putar balik. ”Kami akan lakukan penilangan bila tertangkap basah,” katanya.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : jar/c6/dio


Close Ads