alexametrics

Dyah ke Gayungan, Machfud ke Krembangan, Hingga Deklarasi Relawan Eri

8 Februari 2020, 12:00:07 WIB

JawaPos.com – Para bakal calon wali kota (bacawali) Surabaya semakin intens menemui masyarakat untuk sosialisasi diri. Kamis malam (6/2) Machfud Arifin yang diusung lima partai politik (parpol) menemui warga di Krembangan. Di tempat lain, kandidat dari PDIP Dyah Katarina menemui masyarakat di daerah Gayungan. Mereka sama-sama ”belanja” masalah ke kampung-kampung.

Dyah mengaku banjir keluhan terkait infrastruktur. Salah satunya perbaikan saluran dan pavingisasi di sejumlah ruas jalan kampung. ”Secara umum, ada juga soal PJU (penerangan jalan umum),” ujarnya kemarin (7/2).

Di Gayungan, masalah saluran memang menjadi problem tahunan yang selalu muncul. Beberapa wilayah kerap mengalami masalah, seperti air meluber ke jalan.

Warga, kata Dyah, berharap ada perhatian untuk membenahi saluran yang bermasalah. Misalnya, memperbaiki saluran yang rusak.

Sementara itu, Machfud mendapat banyak keluhan soal perekonomian masyarakat di wilayah utara. Dia menyatakan, untuk mendongkrak ekonomi di kampung-kampung, diperlukan konsep ekonomi kerakyatan yang matang. ”Salah satunya melalui penataan pasar,” terangnya.

Menurut Machfud, ekonomi kerakyatan bisa memberikan kesejahteraan kepada warga Surabaya. Revitalisasi pasar menjadi salah satu program yang bakal diusung jika dirinya terpilih sebagai wali kota. ”Kita berharap Surabaya mengikuti perkembangan daerah-daerah yang sudah bagus agar kota ini bisa terus berkembang pesat,” paparnya.

Mantan Kapolda Jatim itu menilai Kota Surabaya sejatinya sudah memiliki pasar yang menjadi ikon. Yakni, Pasar Turi yang sampai saat ini dibiarkan mangkrak. Termasuk Pasar Tunjungan yang sebetulnya memerlukan perhatian lebih dari pemerintah kota.

Secara terpisah, dukungan kepada Eri Cahyadi terus mengalir. Warga di 14 kelurahan meminta kepala badan perencanaan pembangunan kota (bappeko) itu melanjutkan program Wali Kota Tri Rismaharini.

Sebanyak 14 kelurahan yang sudah mendeklarasikan dukungan itu terdiri atas Kelurahan Keputran, Babat Jerawat, Gundih, Bubutan, Simomulyo, Simolawang, Sidodadi, Simokerto, Kapasan, Tambakrejo, Bangkingan, Sawahan, Kapasan, dan Margorejo. Bahkan, dalam sehari ada dua kelurahan yang mengadakan deklarasi kemarin (7/2) . Yakni, kampung Sidoyoso Wetan di Kelurahan Sidodadi dan Kelurahan Bangkingan.

”Sejak deklarasi Relawan Risma yang digelar di Patung Suroboyo, Kenjeran, Minggu (19/1), deklarasi kampung-kampung ini tidak berhenti untuk mendukung Pak Eri Cahyadi maju sebagai wali kota,” kata Risdiah Anggraeni, warga Keputran kemarin

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : adi/c6/ano



Close Ads